Mengenal Olahraga Sepakbola

No comment 694 views

Banyak Orang yang hobi dan suka dengan Sepak bola, namun tidak banyak orang yang paham tentang olahraga sepak bola. Untuk itu kami akan sedikit mengajak rekan-rekan mengenal sejarah sepak bola.

Sepak bola adalah salah satu jenis permainan yang dimainkan dalam bentuk regu. Setiap regu memiliki 11 pemain dimana termasuk 1 orang yang menjaga gawang disebut penjaga gawang. Permainan ini sangat membutuhkan adanya keterampilan pada gerak kaki dan tungkai. Kemudian sedangkan untuk penjaga gawang ada pengecualian dimana penjaga gawang boleh menggunakan tangan selama berada diarea gawangnya. Namun, jika penjaga gawang keluar area gawangnya maka tidak boleh lagi memegang bola, jika itu terjadi maka penjaga gawang tersebut akan mendapat pelanggaran.

Permainan sepak bola ini memiliki tujuan untuk memasukkan bola kedalam gawang lawan dan mesti berusaha agar dapat menjaga gawang sendiri agar tidak terjadi gol digawang sendiri. Kemudian permainan sepak bola dilakukan dalam 2 babak, dimana pada tiap babak terdiri dari 45 menit. Waktu istirahat berada diantara dua babak yaitu sebanyak 10 menit. Kemudian suatu tim akan dinyatakan sebagai pemenang, jika mampu mencetak gol ke gawang lawan dengan sebanyak mungkin.

Permainan sepak bola adalah salah satu dari bermacam cabang olahraga cabang olahraga yang populer di dunia. Permainan ini menggunakan bola (umumnya berbahan kulit) dan dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing dari tim terdiri  dari 11 orang pemain inti, dan beberapa orang yang bertugas sebagai pemain cadangan.

Pada awal abad ke-21, permainan sepak bola sudah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang dari 200 negara di seluruh dunia. Hal ini lah yang akhirnya mennjadikan permainan sepak bola sebagai cabang olahraga terpopuler di dunia sampai saat ini.

Dalam permainan sepak bola, setiap tim bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan memasukkan bola ke gawang lawan.

Permainan sepak bola bisa dimainkan di lapangan terbuka yang berbentuk persegi panjang, di atas rumput sintetis, maupun rumput asli.

Pada umumnya, yang berhak untuk menyentuh bola dengan lengan atau tangan hanyalah seorang kiper atau penjaga gawang. Ini pun hanya bisa dilakukan jika bola sedang berada di daerah gawangnya.

Sedangkan 10 orang pemain lainnya, diperbolehkan untuk menggunakan semua anggota badannya, kecuali tangan. Biasanya dengan kepala untuk menyundul bola, dada untuk mengontrol bola, dan tentunya kaki untuk menendang bola.

Tim yang berhasil menciptakan gol terbanyak di akhir pertandingan, menjadi pemenangnya. Tapi, kalau waktu permainan berakhir dengan hasil skor sama, maka bisa dilakukan undian, memperpanjang waktu, atau adu penalti. Tergantung format dari penyelenggaraan kejuaraan.

Dalam pertandingan resmi, tim pemenang diberikan 3 poin, dan tim yang kalah mendapatkan 0 poin. Kalau kedua tim bermain imbang, maka masing-masing tim mendapatkan 1 poin.

Walaupun begitu, pemenang dalam suatu pertandingan sepak bola bisa dibatalkan sewaktu-waktu kalau terjadi skandal atau  tindakan kriminal yang di kemudian hari terbukti.

 Apabila dalam suatu laga sepak bola salah satu tim sengaja untuk mengundurkan diri dari suatu pertandingan, atau yang disebut dengan walk out, maka tim lawannya dapat memenangkan pertandingan secara otomatis dengan poin 3-0.

Secara umum, peraturan pertandingan diperbaharui setiap tahunnya oleh induk organisasi sepak bola internasional (FIFA), yang juga menjadi penyelenggara Piala Dunia di setiap 4 tahun sekali.

Pada dasarnya, satu tim sepak bola terdiri dari 1 orang penjaga gawang, 2-4 orang pemain bertahan, 2-5 orang pemain tengah, dan 1-3 orang penyerang.Penjaga gawang (kiper) adalah satu-satunya pemain dalam sebuah tim yang boleh menggunakan tangan untuk menghalangi bola menuju gawang dari serangan tim lawan. Umumnya, penjaga gawang mengenakan pakaian (jersey) yang berbeda dengan pemain lainnya.Pemain bertahan (back) memiliki tugas utama untuk menghalangi dan menutup pergerakan tim lawan.Pemain tengah (gelandang/playmaker) biasanya terdiri dari pemain tengah serang yang bermain dekat dengan penyerang dan pemain tengah bertahan yang bermain dekat dengan pemain bertahan. Tugas utama pemain tengah adalah mengatur tempo permainan dan menjadi penyokong peran bek dan striker dalam tim. Terdapat pula pemain sayap (winger) yang bertugas di sisi kanan atau kiri lapangan.Penyerang (striker) memiliki tugas utama untuk mencetak gol ke gawang lawan.

Kapten tim adalah jabatan seseorang yang terpilih di antara para pemain yang bertugas memimpin dan mengoordinasi para pemain agar bermain secara tim di lapangan. Tanda bahwa pemain sebagai kapten tim adalah atribut ban (armband) yang melingkar pada lengan atas. Pada awal sebuah laga resmi, Kapten dari dua tim menjadi pemain terdepan ketika memasuki area lapangan diikuti kiper dan para pemain lain. Biasanya, seorang Kapten menjadi penendang utama penalti serta sebagai penerima pertama penyerahan piala atau gelar juara sebuah turnamen.

Posisi dasar pemain dapat mengalami modifikasi menjadi berbagai pola atau taktik permainan. Beberapa pola pemain yang sering digunakan dalam berbagai kejuaraan adalah 4-4-2 (paling sering digunakan), 3-4-2-1 (kekuatan terletak di bagian tengah lapangan), serta 4-3-3.

Rekan-rekan demikian sejarah singkat berkaitan dengan Sepak bola, dengan tahu sedikit pengetahuan tentang sepak bola maka akan menambah pengetahuan kita tentang Olahraga Sepakbola. semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu rekan-rekan.

author
No Response

Leave a reply "Mengenal Olahraga Sepakbola"