Permainan Tradisional Gatrik

Siapa di antara kalian yang tahu atau pernah bermain gatrik?

Hmm, sepertinya permainan ini memang sudah jarang ditemukan. Kalau begitu, kita akan kembali memperkenalkan pada sahabat anak Indonesia, apa itu permainan gatrik dan bagaimana cara bermainnya.

Gatrik

Permainan tradisional gatrik adalah permainan yang menggunakan dua batang bambu. Dua batang bambu sebelumnya diiris tipis dengan panjang yang berbeda. Bambu satu berukuran kurang lebih 30 sentimeter dan bambu yang lain berukuran kira-kira 15 sentimeter. Selain dua batang bambu, dalam permainan gatrik juga dibutuhkan dua buah batu bata. Batu bata ini digunakan sebagai penopang bambu yang berukuran lebih pendek. Supaya lebih jelas, yuk, cari tahu bagaimana « peraturan dan cara bermain gatrik.

Pada jaman saya masih kecil didaerah saya permainan ini dinamakan “Bentik”. Dulu permainan sederhana ini cukup membuat anak-anak riang gembira, selain dapat bermain dan berkumpul dengan teman, permainan ini menunjukkan bagaimana anak zaman dulu bersosial atau bergaul, sangat amat beda dengan anak zaman sekarang yang semuanya tergantikan oleh Gadget. oke untuk selanjutnya kita coba mengenal peraturan dalam permainan tradisional ini dan juga cara bermainnya.

Peraturan dan Cara Bermain Gatrik

Sebelum bermain gatrik, kumpulkan teman-teman setidaknya 6 sampai 8 anak. Jumlah ini kemudian dibagi menjadi dua kelompok. Jika jumlah kalian ada 8 anak, berarti masing-masing kelompok beranggotakan 4 anak. Untuk bermain gatrik, dibutuhkan tempat yang lapang supaya dalam bermain gatrik lebih leluasa. Coba bayangkan, bilah bambu itu terbang ketika lawan bermainmu melemparnya. Padahal, kamu harus berlarian menangkap bilah bambu tersebut, belum lagi jumlah pemain yang cukup banyak. Jadi, tempat yang lapang & adalah tempat paling cocok untuk bermain permainan 2 tradisional ini. Aturan bermain gatrik sangat mudah dan sederhana. Dua kelompok masing-masing memiliki tugas. Kelompok 1 bertugas melempar bambu, sedangkan kelompok yang lain bertugas menangkap bambu. Jika bambu berhasil ditangkap oleh lawan main, itu artinya pemain bisa bertukar posisi.

Nah, menang atau kalah dalam permainan gatrik, ditentukan dengan jumlah poin. Bagi kelompok yang memiliki banyak poin, itulah yang menang.

Sekarang kalian tahu salah satu permainan tradisional favorit anak zaman dulu, yaitu gatrik. Berikutnya ada permainan apa lagi, ya?

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*