Mengenal Permainan Kasti

Permainan kasti merupakan salah satu permainan bola kecil. Permainan ini dimainkan oleh dua regu, yakni regu pemukul dan regu penjaga. Regu pemukul berusaha mendapat nilai dengan memukul bola kemudian berlari mengelilingi lapangan. Sebaliknya, regu penjaga berusaha menangkap bola serta mematikan regu pemukul. Regu yang banyak mengumpulkan nilai menjadi pemenangnya. Permainan sederhana ini dapat dimainkan di lapangan
yang tidak begitu luas.

Alat dan Lapangan Pemainan


Alat yang dibutuhkan dalam permainan kasti adalah bola dan alat pemukul. Bola terbuat dari karet. Alat pemukul terbuat dari kayu. Bentuk lapangan kasti adalah persegi empat yang dilengkapi tiang pemberhentian.
Ukuran lapangan disesuaikan dengan situasi keadaan setempat.

Peraturan Permainan
Jumlah pemain tiap regu dapat disesuaikan dengan keadaan di sekolah. Tunjuk salah seorang untuk menjadi kapten regu.

Waktu permainan
Permainan ini berlangsung 2 babak. Setiap babak berlangsung selama 30 menit. Setiap babak diselingi waktu istirahat 10 menit.
Pergantian tempat
Pergantian tempat antara regu pemukul dan penjaga terjadi jika:
1. Salah seorang regu pemukul terkena lemparan
2. Bola ditangkap 3 kali berturut-turut oleh penjaga
3. Alat pemukul lepas saat memukul
4. Salah seorang regu pemukul memasuki ruang bebas melalui garis belakang
5. Salah seorang regu pemukul keluar dari ruang bebas atau keluar dari batas lapangan

Teknik Dasar Permainan

Pelambung
Pelambung bertugas:
Melambungkan bola secara wajar sesuai dengan permintaan pemukul. Jika bola yang dilambungkan tidak terpukul, si pelambung harus mengulang lagi.
Jika sampai 3 kali berturut-turut bola tidak terpukul, si pemukul dapat lari bebas ke tiang pemberhentian 1.
Pukulan benar
Pukulan dinyatakan benar apabila bola yang dipukul melampaui garis pukul. Selain itu, saat bola dipukul tidak boleh mengenai tangan dan tidak boleh jatuh di ruang bebas.
Penghitungan nilai
Nilai permainan kasti dihitung menurut aturan berikut:
Jika pemain memukul bola lalu berlari ke pemberhentian I, II, III dan ruang bebas secara bertahap: mendapat nilai 1.
Jika pukulan benar dan dapat kembali ke ruang bebas tanpa berhenti pada tiang-tiang pemberhentian; mendapat nilai 2. Regu penjaga mendapat nilai 1 apabila berhasil menangkap
langsung bola yang dipukul. Pemenang adalah regu yang berhasil mengumpulkan nilai terbanyak.
Regu pemukul
Setiap pemain berhak memukul 1 kali, kecuali pemain terakhir berhak memukul sebanyak 3 kali pukulan.
Sesudah memukul, pemain harus meletakkan alat pemukul di dalam ruang pemukul. Apabila alat itu berada di luar tempat yang telah ditentukan, pemain tersebut tidakdapat nilai, kecuali ia segera membetulkannya kembali.
Regu penjaga
Regu penjaga bertugas Mematikan lawan. Menangkap langsung bola yang dipukul. Membakar ruang bebas, jika ruang bebas kosong.


Permainan kasti merupakan permainan yang menyenangkan. Kita perlu menguasai teknik-teknik permainan agar dapat memainkan kasti dengan baik. Teknik-teknik permainan kasti yang perlu dikuasai adalah melempar dan menangkap bola, memukul.
Latihan melempar dan menangkap bola dapat dilakukan berpasangan. Aturlah jarak lempar-tangkap bola ketika berlatih. Pertama-tama lakukan latihan lempar-tangkap bola dalam jarak dekat. Setelah cukup menguasai, lakukan dalam jarak yang agak jauh.

Latihan melempar dan memukul bola juga dapat dilakukan secara berpasangan. Aturlah jarak melempar dan memukul bola ketika berlatih.
Bermain Kasti dengan Peraturan Sederhana ada baiknya kita coba bermain dengan peraturan yang sederhana. Dalam permainan ini, bola tidak dipukul, melainkan dilempar hanya mempunyai satu tiang bebas.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*