Variasi Gerak Dasar Nonlokomotor pada Permainan Sepak Bola

Pernahkah kamu melihat pemain sepak bola meliuk, mengangkat bola, mengelak, mengayun, dan mendarat? Nah, gerakan tersebut termasuk dalam gerak non lokomotor. Kamu pasti juga pernah melakukan gerkaan tersebut saat bermain sepak bola bersama temanmu.

Gerak nonlokomotor adalah aktivitas seseorang dalam permainan sepak bola tanpa berpindah tempat. Pada permainan sepak bola tanpa berpindah tempat. Pada permainan sepak bola, pemain secara tidak langsung melakukan gerak nonlokomotor. Gerakan ini berfungsi untuk mendukung berbagai aktivitas gerak ditempat.

Gerka Nonlokomotor terlihat sederhana dibandingkan gerak lokomotor. Berikut beberapa gerak nonlokomotor pada permainan sepak bola;

Mengayun Kaki dan Tangan

Coba peragakan gerakan kaki mengayun saat akan menendang bola! Apakah tubuhmu berpindah tempat? Pemain sepak bola melakukan ayunan kaki saat akan menendang bola. Pada ayunan kaki, salah satu kaki bertumpu dan kaki satunya diayunkan sebagai awalan menendang bola. Ayunan kaki menentukan arah dan kecepatan bola. Oleh karena itu, pemain harus dapat memperkirakan kekuatan dan kecepatan ayunan kaki.

Membungkuk, mengangkat, dan Menurunkan Bola

Kamu pasti pernah membungkuk, mengankat, dan menurunkan bola saat bermain sepak bola. Gerakan tersebut merupakan gerakan nonlokomotor karena anggota tubuh yang bergerak adalah pinggul dan lengan.

Gerakan membungkuk dilakukan apabila bola keluar lapangan. Bola tersebut diambil dengan cara membungkuk. Kemudian diangkat untuk diumpan ke pemain lainnya dan secara tidak langsung bola diturunkan.

Mengelak

Saat menggiring bola, apa yang kamu lakukan ketika berhadapan dengan lawan? kamu pasti akan mengelak. Mengelak merupakan gerak dasar nonlokomotor dalam mempertahankan bola dari serangan lawan. Dengan menguasai gerakan mengelak, pemain dapat mempertahankan bola. Berbeda ketika pemain tidak menguasai gerakan mengelak, maka bola mudah direbut lawan.

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*