Soal PPPK IPS dan Manajerial serta Pembahasan

Selamat datang kemabli rekan-rekan di tutorialpelajaran.com 

Kembali hari ini saya mencoba membagikan soal-soal PPPK. Kali ini yang saya bagikan adalah soal IPS dan Manajerial. Untuk memudahkan rekan-rekan belajar soal-soal ini disertai pembahasan. Dengan banyak belajar sebelum menghadapi seleksi PPPK, saya yakin kita semua sukses dalam mengerjakan soal-soal pada waktu seleksi nanti, ada pepatah mengatakan “berakit-rakit kehulu, bersenang-senang kemudian”. dengan tekun belajar saya yakin kita semua lulus. Ok langsung saja kita masuk kepembahasan soal-soalnya.

Soal IPS

Penduduk berkumpul di suatu tempat karena faktor pendukung kehidupan berada di sana.Keberadaan penduduk secara terpusat pun pada daerah tertentu menyebabkan di daerah yang  lain  mengalami  kekurangan  penduduk.  Kondisi  ini  menimbulkan  masalah  baru. Banyak  program  kemajuan  daerah  menjadi  terhambat.  Kemiskinan  pun  bertambah. Jumlah kriminalitas meningkat signifikan. Berbagai program terus dikembangkan untuk menangani masalah ini. Namun tak kunjung terselesaikan.Penyebab utama kegagalan ini adalah ….

A. tergerusnya sumber daya alam

B. berkurangnya sumber daya manusia berkualitas

C. program tidak tepat sasaran

D. berkurangnya dana pembangunan

E. Persebaran penduduk tidak merata

Jawaban E

Dampak yang ditimbulkan dari persebaran penduduk tidak merata, antara lain:

  1. a) Pembangunan berkelanjutan akan terhambat, salah satu alasannya ialahterjadinya perpindahan masyarakat secara signifikan sehingga mengurangiSDM (Sumber Daya Manusia) yang berkualitas. b) Kemiskinan di perkotaan bertambah.
  2. Kriminalitas meningkat akibat dari menumpuknya jumlah penduduk yang tidak merata.
  3. Semakin lunturnya kebudayaan daerah.

 

Kemampuan manusia dalam bersosialisasi, kesadaran akan tujuan hidup dan kemampuan mempertahankan hidup  tidak  dimiliki  ketika  manusia  itu  lahir  akan  tetapi  diperoleh melalui….

A. proses akulturasi budaya

B. proses politik

C. proses ekonomi

D. proses sosialisasi

Jawaban D

Suatu proses bagaimana memperkenalkan sistem pada seseorang. Serta bagaimana orang tersebut menentukan tanggapan serta reaksinya. Sosialisasi ditentukan oleh lingkungan sosial, ekonomi dan kebudayaan di mana individu tersebut berada. Selain itu, sosialisasi juga ditentukan dari interaksi pengalaman-pengalaman serta kepribadiannya. Dengan sosialisasi, manusia sebagai makhluk biologis menjadi manusia yang berbudaya, cakap menjalankan fungsinya dengan tepat sebagai individu dan sebagai anggota kelompok.

 

Pertumbuhan penduduk  dari  tahun  ke  tahun  mengalami  perubahan.  Bertambahnya generasi muda dan berkurangnya jumlah generasi tua adalah bagian dari dinamika yang tidak  dapat  dihindari.  Fenomena  pertambahan  penduduk  pada  kondisi  tersebut  adalah bagian dari konsep….

A. migrasi

B. kesehatan

C. kelahiran

D. kematian

E. urbanisasi

Jawaban C

Kelahiran dapat diartikan sebagai hasil reproduksi yang nyata dari seorang wanita atau kelompok wanita. Fertilitas merupakan taraf kelahiran penduduk yang sesungguhnya berdasarkan jumlah kelahiran yang terjadi. Pengertian ini digunakan untuk menunjukkan pertambahan jumlah penduduk. Fertilitas disebut juga dengan natalitas.

 

Tekanan ke atas dari magma, gerak lempeng dan energi yang terkumpul dapat menekan lapisan kulit bumi sehingga terjadi pergeseran kulit bumi merupakan gejala…

A. vulkanisme

B. eksogen

C. seisme

D. tektonisme

E. endogen

Jawaban C

Seisme, atau biasa dikenal dengan istilah gempa bumi, adalah fenomena getaran bumi yang terjadi karena tumpukkan energi dari dalam bumi (tenaga endogen) yang dilepaskan. Gempa bumi terjadi secara tiba-tiba atau tidak memiliki tanda-tanda apapun yang menandakan akan terjadi gempa dan berlangsung secara singkat ataupun lama. Meskipun begitu, getaran gempa bumi dapat diukur dengan menggunakan alat bernama seismograf dalam satuan skala richter sehingga kekuatan dan jangkauan getarannya dapat diketahui.

Pada dasarnya, gempa adalah gejala alami bumi. Namun karena berpotensi merusak bangunan dan membunuh manusia yang tinggal di permukaan bumi dari efek getarannya, gejala gempa bumi termasuk ke dalam ancaman bahaya bagi manusia.

Jenis-Jenis Seisme

Berdasarkan penyebab terjadinya gempa, terdapat tiga jenis gempa bumi, yaitu:

  1. Gempa Tektonik

Gempa tektonik adalah gempa bumi yang disebabkan oleh aktivitas tektonisme berupa pergeseran antar lempeng-lempeng tektonik. Adapun yang dimaksud dengan lempeng adalah bagian permukaan bumi yang bergerak karena proses tektonisme dan vulkanisme. Apabila terdapat dua lempeng yang bergerak kemudian bertemu dan terjadi kontak, maka lempeng-lempeng tersebut akan melepaskan energi sehingga menimbulkan getaran dan akan membentuk relief permukaan bumi yang beragam.

  1. Gempa Vulkanik

Gempa vulkanik adalah gempa bumi yang disebabkan oleh aktivitas vulkanisme berupa letusan gunung berapi. Ketika terjadi letusan, magma akan bergerak keatas keluar menuju permukaan bumi sekaligus memecahkan batuan yang ada di dalam kamar magma. Tumbukan antara magma dan dinding batuan di kamar magma akan melepaskan energi yang besar dan menimbulkan getaran.

  1. Gempa Runtuhan

Gempa runtuhan terjadi pada skala yang kecil dan biasanya terjadi pada area yang memiliki banyak rongga di bawah tanah. Getaran terjadi ketika area tersebut tidak mampu menahan tekanan sehingga runtuh dan menimbulkan getaran. Contohnya adalah area topografi karst dan area pertambangan yang berpotensi menimbulkan gempa runtuhan. Gempa ini juga dapat disebabkan oleh aktivitas manusia.

 

Manusia berinteraksi dengan yang lainnya. Keterjalinannya membentuk hubungan timbal balik yang  saling  menguntungkan.  Terpenuhi  segala  kebutuhan  adalah  bagian  dari keterhubungan ini. Keterhubungan ini terjalin atas …

A. asas individualitas

B. asas humanitas

C. asas sosialitas

D. asas potensialitas

E. asas moralitas

Jawaban C

Ada lima asas antropologis yang mendasari kesimpulan bahwa manusia mungkin atau bisa dididik, yang pertama: potensialitas, yang kedua: dinamika, yang ketiga: individualitas, yang keempat: sosialitas, dan yang kelima: moralitas.

  1. Asas Potensialitas

Sebelumnya sudah dibahas berbagai potensi yang ada pada manusia yang memungkinkan mereka akan menjadi manusia, tetapi untuk menjadi manusia diperlukan suatu sebab yaitu pendidikan. Contohnya dalam aspek kesusilaan, manusia diharapkan mampu berperilaku sesuai dengan norma-norma moral dan nilai-nilai moral yang diakui di masyarakat. Ini merupakan salah satu tujuan dari pendidikan atau sosok manusia ideal berkenaan dengan dimensi moralitas.

  1. Asas Dinamika

Manusia selalu aktif baik dalam aspek fisiologi ataupun spiritualnya. Ia selalu menginginkan dan mengejar segala hal yang lebih dari apa yang telah ada atau yang telah dicapai olehnya. Ia selalu berupaya untuk mengaktualisasikan diri agar menjadi ideal, baik dalam tujuan interaksi atau komunikasinya secara horizontal manusia ke manusia ataupun vertikal atau transendental, manusia ke Tuhan.

  1. Asas Individualitas

Individu di antaranya mempunyai kedirisendirian atau subjektivitas. Ia berbeda dari yang lainnya dan mempunyai keinginan untuk menjadi seseorang sesuai keinginan dirinya sendiri. Sekalipun ia bergaul dengan sesama tetapi ia tetap adalah dirinya sendiri. Sebagai Individu ia tidak pasif melainkan bebas dan aktif untuk mewujudkan dirinya sendiri.

4. Asas Sosialitas

Sebagai makhluk sosial manusia hidup bersama dengan sesamanya. Ia butuh bergaul dengan orang lain. Dalam kehidupan bersama dengan sesama ini maka akan terjadi hubungan yang mempengaruhi timbal balik. Setiap individu akan menerima pengaruh dari individu lainnya. Kenyataan ini memberikan kemungkinan bagi manusia untuk bisa dididik. Karena upaya bantuan atau pengaruh pendidikan tersebut disampaikan justru melalui interaksi atau komunikasi dengan sesama individu.

  1. Asas Moralitas

Manusia mempunyai kemampuan untuk membedakan mana yang baik dan mana yang tidak baik, dan pada dasarnya ia berpotensi untuk berperilaku baik atas dasar kebebasan dan tanggung jawabnya atau disbeut sebagai aspek moralitas. Pendidikan pada hakikatnya bersifat normatif yang artinya dilaksanakan berdasarkan sistem nilai dan norma tertentu serta diarahkan untuk dapat mewujudkan manusia yang ideal, yaitu manusia yang diharapkan sesuai dengan sistem nilai dan norma tertentu yang bersumber dari agama maupun budaya yang diakui di masyarakat.

 

Berkas dan catatan kependudukan bagian dari dokumen penting suatu wilayah. Petugas mendata setiap komponen yang terkait dengan penduduk. Sensus de jure yang dilakukan petugas ini adalah bagian dari sensus terhadap….

A. setiap penduduk berdasarkan data wilayah

B. warga masyarakat yang dijumpai petugas sensus

C. semua penduduk yang dijumpai petugas sensus

D. warga negara asing yang dijumpai petugas

E. semua penduduk suatu daerah sesuai dengan KTP

Jawaban E

Sensus penduduk adalah keseluruhan proses untuk menyusun, mengelola, dan juga menyebarluaskan data-data kependudukan. Mulai dari data yang bersifat sosial, demografi, serta ekonomis dari suatu wilayah atau negara tertentu dan dalam waktu tertentu. Dalam pelaksanaannya, sensus penduduk dibagi menjadi tiga, yaitu:

  1. Berdasarkan tempat tinggal, sensus dibedakan menjadi:

Sensus de jure, yaitu pencacahan jiwa yang dilakukan di tempat penduduk tersebut tinggal secara resmi.

Sensus de facto, yaitu pencacahan jiwa di tempat mereka ditemukan oleh petugas lapangan. B. Berdasarkan metode pengisiannya, sensus dibedakan menjadi:

Metode householder, yaitu pendataan yang dilakukan dengan cara meminta penduduk mengisi daftar sensus sendiri.

Metode canvasser, yaitu pendataan yang dilakukan oleh petugas dengan cara mewawancarai penduduk secara langsung. Biasanya petugas sensus mengisi daftar sensus, dan penduduk hanya sebagai narasumber.

  1. Berdasarkan jenis sensusnya

Sebelum memulai sensus, terlebih dahulu harus ditentukan jenis sensusnya. Misalnya sensus jumlah penduduk, sensus hasil pertanian, sensus ketenagakerjaan, dan sensus perumahan.

 

Kualitas sumber  daya  manusia  merupakan  bagian  dari  sumber  data  kependudukan. Penyebarannya  tercatat  secara  rinci  dalam  data  kependudukan.  Pekerjaan,  pendidikan serta jumlah anggota keluarga menjadi bagian  yang tercatat dan terdata secara lengkap dan akurat. Ini adalah bagian dari ….  a. sampel penduduk

A. survey penduduk

B. registrasi penduduk

C. sensus penduduk

D. pencacahan penduduk

Jawaban D

Sensus penduduk adalah keseluruhan proses untuk menyusun, mengelola, dan juga menyebarluaskan data-data kependudukan termasuk Kualitas  sumber  daya  manusia  merupakan  bagian  dari  sumber  data  kependudukan. Penyebarannya  tercatat  secara  rinci  dalam  data  kependudukan.  Pekerjaan,  pendidikan serta jumlah anggota keluarga menjadi bagian  yang tercatat dan terdata secara lengkap dan akurat

 

Kesehatan penduduk terperhatikan dengan baik. Tingkat kemiskinan sedikit demi sedikit tertangani secara komprehensif. Produktivitas pembangunan pun berjalan sesuai dengan apa yang  direncanakan.  Kondisi  inilah  bagian  dari  gambaran  pertumbuhan  penduduk yang baik di suatu wilayah yang ditandai dengan adanya….

A. banyaknya angka kematian

B. pengendalian jumlah kematian

C. banyaknya angka kelahiran

D. meningkatnya migrasi

E. persebaran yang merata

Jawaban E

 

Kebutuhan akan memenuhi sandang, pangan dan papan menjadi daya dorong kuat bagi setiap orang untuk memilih tempat tinggal. Sebagian besar dari mereka mencari tempat yang dapat  memenuhi  kebutuhan  primer  untuk  jangka  waktu  yang  lama.  Dengan demikian orang memilih pemukiman didasarkan atas….

A. dekat dengan lapangan pekerjaan

B. mudah mendirikan bangunan

C. mudah mendapatkan air

D. dekat dengan tanah yang subur

E. dekat dengan lahan-lahan garapan

Jawaban E

Menurut Epon Ningrum dkk (2006) menjelaskan bahwa perintis pemukiman disuatu pedesaan atau perkampungan dalam menentukan dan memilih tempatsetidaknya didasarkan pada:

  1. Kemudahan dalam mendapatkan air karena semua orang butuh air. Polapemukiman yang tampak sekali mendekati sumber mata air adalah didaerah gurun karena pemukimannnya mengelilingi oase.
  2. Terdapat tanah-tanah yang subur, misalnya di sekitar lahan-lahan pertanianyang subur karena terkait dengan pemenuhan bahan pangan penduduknya.
  3. Dekat dengan lahan-lahan garapannya. Ada tiga pola pemukiman yangdekat dengan lahan garapannya yaitu (a) bergerombol berdekatan dengantanah pertanian; (b) memanjang sungai dengan lahan pertanian di belakangpemukiman; (c) pemukiman tersebar di daerah pertanian.
  4. Tidak ada faktor penghalang untuk mendirikan bangunan, misalnya daerahyang relatif datar.
  5. Mudah melakukan mobilitas termasuk ke tempat pekerjaannya.
  6. Memiliki beberapa fasilitas sosial seperti pendidikan, rumah sakit dan saranahiburan.
  7. Harga yang murah menjadi pertimbangan untuk memilih tempat tinggal. Bagisebagian besar penduduk masih menggunakan ukuran harga sebagaipertimbangan utama untuk menentukan pilihan tempat tinggal meskipunfaktor yang lainnya kurang mendukung.
  8. Pengaruh dari berbagai macam aturan tata ruang di perkotaan. Pemukimandi perkotaan banyak dipengaruhi oleh aturan tata ruang, artinya alasanorang bermukim pada suatu daerah bisa jadi akibat adanya aturan tataruang. Di perkotaan tumbuh pemukiman-pemukiman yang sengajaitempatkan melalui kebijakan tata ruang kota. Karena itu persebaranpemukiman di perkotaan sebenarnya banyak dipengaruhi oleh aturankebijakan tersebut.

 

Setiap orang menempati suatu wilayah dalam jangka waktu tertentu. Aturan dan hukum yang berlaku di dalamnya bagian dari keterikatan yang harus diikuti. Setiap gerak dan perilakunya dibatasi oleh kepentingan orang lain yang telah diatur dalam aturan hukum tertentu. Hal ini merupakan bagian dari konsep ….

A. warga negara

B. diplomat

C. masyarakat

D. penduduk

E. rakyat Jawaban d

penduduk adalah semua orang yang menempati suatu wilayah hukum tertentudan waktu tertentu sehingga kita akan mengenal istilah penduduk tetap danpenduduk tidak tetap.

Soal Manajerial

Kita harus pandai mengendalikan emosi kita agar kita dan orang disekitar kita tidak tersinggung dan mudah marah. Menurut anda, jika ada seseorang yang sedang marah sebaiknya anda…..

A. Tidak ikut marah.

B. Diam saja.

C. Menyuruhnya duduk.

D. Menyuruhnya minum dan mencuci muka.

E. Pergi dari hadapannya.

JAWAB = D

Air adalah sarana yang tepat untuk meredakan emosi dan amarah.

 

Setiap orang berhak untuk marah. Namun marah tidak selalu dapat menyelesaikan masalah, justru kadang sebaliknya.maka dari itu kita harus pandai mengontrol diri agar dapat memposisikan dimana kita harus marah dan tidak. Dalam posisi ini anda merasa senang jika anda marah, karena orang lain akan…..

A. Membujuk saya.

B. Memarahi balik saya.

C. Pergi dari hadapan saya.

D. Diam saja dan mendengarkan saya.

E. Melakukan apa yang saya pinta.

JAWAB: D

Marah terkadang diperlukan , namun harus tetap terkontrol dan hanya digunakan pada situasi dan kondisi tertentu saja.

 

Mengendalikan diri bukan hanya terhadap emosi amarah saja, namun terhadap segala sesuatu yang akan merugikan kita. Berpikir kritis dan sistematis adalah sara yang tepat untuk membantu pengendalian diri kita.suatu ketika, atasan anda menyuruh anda untuk mengerjakan pekerjaan yang rewsikonya besar. Maka anda akan…..

A. Takut dan menolaknya.

B. Takut namun tetap menerimanya.

C. Menerimanya dan meminta doanya.

D. manerimanya dan yakin saya pasti bisa.

E. Menerimanya jika atasan tetap bersikeras.

Jawab: C

Apapun keputusan dan perintah pimpinan asalkan itu hal yang benar maka kita harus mengikutinya.

 

Terkadang kita dihadapkan pada situasi dan kondisi yang tidak mengenakkan. Ingin marah namun tidak tidak akan menyelesaikan permasalahan. Dalam kondisi tersebut kita harus benar-benar pandai mengendalikan diri. Suatu ketika, anda berada dalam kereta yang penuh dan sesak dengan penumpang, anda biasanya…..

A. Diam saja sambil berdoa semoga bisa lebih baik.

B. Mendengarkan music.

C. Memainkan telepon genggam saya.

D. Kesal sendiri dan mengutuk pemerintah.

E. Memperhatikan orang-orang di sekitar anda.

Jawab: A

Kendalikan emosi anda, jangan mengeluh.

 

Mengasuh dan mendidik seorang anak harus dengan kasih sayang. Namun juga tidak boleh berlebihan karena pasti ada efek negatifnya nanti. Jika anda mempunyai seorang anak yang amat gemar jajan makanan di luar rumah, maka anda akan…..

A. Memarahinya yang terus jajan di luar.

B. Mengajaknya untuk memasak makanan bersama.

C. Biasa saja karena ia menginginkannya.

D. Tidak memberinya uang jika dia masih jajan.

E. Memberikan pengertian kepadanyabahwa ia harus berhemat dengan menabung.

Jawab: E

Menegur seseorang yang melakukan kesalahan tidak harus dengan emosi ataupun marah, jadilah dewasa dan bijak

 

Buanglah sampah pada tempatnya, tulisan tersebut kerap kita temui di tempat umum di mana saja. Itu tidak hanya sebuah wacana, namun himbauan agar kita mau menjaga lingkungan kita. Anda pasti sering memergoki orang-orang yang tidak membuang sampah pada tempatnya, maka anda…..

A. Marah

B. Diam saja

C. Mengatakan bahwa ia telah menyakiti buminya.

D. Memungut sampah itu sembari menegurnya.

Jawab: D

Kendalikan emosi anda, jika orang lain melakukan kesalahan tegurlah dengan bijaksana

 

Saya ditugaskan oleh pimpinan saya untuk memimpin sebuah proyrk besaryang sangat berpengaruh terhadap perusahaan saya. Ketika dalam mengerjakan proyek tersebut tiba-tiba ada salah satu anggota saya yang kerjanya terkadang susah untuk dikondisikan, terkesan seenaknya sendiri, sehingnga proyek yang saya pimpin tidak memberikan hasil optimalgara-gara ada satu anggota saya yang melakukan kesalahan akibat sulit untuk dikondisikan, maka…..

A. Saya tidak dapat dipersalahkan.

B. Itu tidak termasuk tanggung jawab saya.

C. Meminta kepada pimpinan saya untuk mengganti dengan anggota lain.

D. Bagaimanapun juga, sebagai pimpinan proyek saya pun ikut bertanggung jawab.

E. Hal itu menjadi kekeliruan anggota saya semata.

JAWAB =  D

Topic integritas diri, anda harus bisa memiliki sikap tanggung jawab dan disiplin. Jika ada dan tim melakukan kesalahn , walaupun anda tidak terlibat , namun hal tersebut menjadi tanggung jawab anda

karena anda adalah pimpinan dalam tim. Jawaban yang tepat adalah D.

 

Suatu hari saya mendapatkan tugas lapangan dan saya ditunjuk sebagai pemimpin tim. Ketika di lapangan saya sudah melakukan pekerjaan sesuai dengan prosedur yang ada dalam perusahaan, namun justru anggota-anggota saya yang bekerja tidak sesuai dengan prosedur perusahaan, akibatnya ada beberapa hasil yang tidak memuaskan. Ketika masuk kantor saya mendapat teguran langsung dari pimpinan atas kesalahan yang bukan hanya saya seorang diri sebagai pelakunya, tetapi juga tim kerja lain, namun di sini saya sebagai ketua tim. Reaksi saya adalah…..

A. Membantah secara tegas agar pada kesempatan lain pimpinan tidak semena-mena menyalahkan saya.

B. Diam saja, karena membantah hanya akan menambah rumit permasalahan.

C. Menerima teguran tersebut dan memberitahu kepada anggota tim untuk bersama-sama menjadikannya sebagai pelajaran berharga.

D. Menerima teguran tersebut dan mengadukan ke pimpinan bahwa bukan hanya saya sebagai pelakunya.

E. Membantah dan mengadukan tim kerja lain yang bersalah agar mererka juga bisa belajar dari kesalahan ini.

JAWAB = C

Topic integritas diri, anda harus bisa memiliki sikap tanggung jawab dan disiplin. Jika ada dan tim melakukan kesalahn , walaupun anda tidak terlibat , namun hal tersebut menjadi tanggung jawab anda karena anda adalah pimpinan dalam tim. Jawaban yang tepat adalah  C

 

Ketua panitia kegiatan harus membuat laporan pertanggung jawaban . sebagai ketua maka…..

A. Saya menungaskan pembuatan laporan kepada anggota.

B. Saya bersama anggota menyusun laporan.

C. Saya sendiri yang menyusun laporan tersebutu.

D. Laporan harus dibuat oleh sekretaris.

E. Menugaskan anggota membentuk tim khusus untuk membuat laporan tanpa melibatkan ketua.

JAWAB = B

Jika tim anda diharuskan untuk membuat laporan, maka anda sebagai ketua tim harusmengkoordinir anggota kelompok secara bersama-sama untuk mengerjakan laporan tersebut.

 

Saya dan tim ditugaskan untuk membuat sebuah draft laporan mengenai promosi produk perusahaan yang akan diberikan kepada klien perusahaan penting. Dalam proses pengerjaannya, hanya saya dan satu teman saja yang mengerjakan, sedangkan teman saya yang tergabung dalam tim saya ya ng lainnya tidak peduli akan hal tersebut. Ketika draft itu saya berikan kepada atasan , draft laporan atas nama tim saya ditolak oleh atasan karena dianggap kurang layak, sikap saya adalah…..

A. Menyalahkan rekan sejawat yang beberapa dari mereka tidak antusias untuk sama-sama mengerjakannya.

B. Menerima penolakan tetapi tidak melakukan tindak lanjut.

C. Mencari teman sejawat lain untuk bersama-sama menngerjakannya.

D. Menerima penolakan dan berusaha memperbaiki saedanya dan mengajak teman-teman yang belum ikut mengerjakan untuk segera bergabung.

E. Segera melakukan perbaikan laporan tersebut dengan mengajak semua teman-teman dalam tim , dan segera mengajukan kembali pada atasan.

JAWAB = E

Topic integritas diri, anda harus bisa memiliki sikap tanggung jawab dan disiplin. Jika ada dan tim melakukan kesalahn , walaupun anda tidak terlibat , namun hal tersebut menjadi tanggung jawab anda karena anda adalah pimpinan dalam tim. Jawaban yang tepat adalah E

Demikian soal-soal yang saya bagikan semoga membantu rekan-rekan yang membutuhkan. bagi rekan-rekan yang ingin mendapatkan file dalam bentuk PDF, bisa langsung download dibawah ini;

Soal IPS

Soal Manajerial

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*