Soal PPPK Matematika dan Sosial Kultural serta Pembahasan

Dalam menghadapi seleksi PPPK yang direncanakan akan diadakan tahun ini, tentunya kita tidak bisa main-main, karena ini menyangkut masa depan. Karena harapan dari Guru Honorer diatas 35 tahun usianya, hanya ini. Untuk itu mari kita secara bersama-sama berjuang dalam menghadapi seleksi PPPK. Berikut ini saya membagikan gambaran soal-soal seleksi PPPK yang mungkin bisa digunakan untuk belajar.

Pada kesempatan kali ini saya mencoba membagikan soal-soal Matematika dan Sosial Kultural yang disertai dengan pembahasannya, semoga dengan soal-soal yang saya bagikan dapat menambah wawasan kita baersama.

SOAL MATEMATIKA

Iwan mengerjakan suatu pekerjaan dalam waktu 2 hari, Doni untuk pekerjaan yang sama dapat diselesaikan dalam waktu 3 hari, sedangkan Tono dapat menyelesaikan dalam waktu 4 hari. Jika mereka akan bekerja bersama-sama untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut, maka pekerjaan itu akan selesai dalam waktu :

A. 23 jam

B. 22 jam 9 menit

C. 22 jam 15 menit

D. 1 hari

E. 1 hari 50 menit

Jawab

Waktu jika 3 bekerja bersamaan = . . . = hari

=24 / 26 hari

=12/13 x 24 jam

=288/13 jam

=22,15 jam

=22 jam + 0,15 jam

=22 jam + ( 0,15 x 60 menit)

=22 jam + 9 menit

 

KPK dari bilangan 48, 84 dan 98 adalah….

A. 2.282

B. 672

C. 352

D. 1242

E. 336

Jawab

Faktor 48 = 24 x 3

Faktor 84 =  22 x 3 x 7

Factor 98 =  2 x 72

KPK bilangan 48, 84 dan 98 = 24 x 3 x 72

KPK = 2 x 2 x 2 x 2 x 3 x 7 x 7 = 48 x 49 = 2352

 

Seorang guru SD hendak mengajar konsep FPB. Rancangan aktivitas peserta didik yang paling sesuai dengan panduan berbasis kontruktivisme adalah peserta didik diminta untuk mencari faktor dari suatu bilangan dengan ketentuan memiliki faktor lebih dari dua. Bilangan tersebut adalah ….

A. 11

B. 29

C. 23

D. 25

E. 31

Jawab : ketentuan memiliki faktor lebih dari dua artinya bukan bilangan prima. Yang bukan bilangan prima adalah 25

 

Hasil dari 450 – 125+ (-130) adalah Select one:

A. 195

B. 145

C. 455

D. 205

E. 225

Jawab

450 – 125+ (-130)

= 325 + (-130)

= 195

 

Suhu es krim di lemari es mula-mula -3 o Lalu es krim tersebut dikeluarkan dari lemari es. Setiap 4 menit suhu es krim naik 2oC. Suhu es krim setelah 16 menit dikeluarkan dari lemari es adalah … Select one:

A. 8oC

B. 21oC

C. 13oC

D. 5oC

E. 10oC

Jawab

-30 + 16 /4 x 20

= -30 + 4.20

=-30 + 80

=50

 

Hasil dari 1.224 : (-12) x (-9) adalah….

A. 128

B. 918

C. -918

D. 108

E. -108

Jawab 

1.224 : (-12) x (-9)

= -102 x (-9)

= 918

 

Robi berlatih musik setiap 4 hari, johan setiap 5 hari dan lutfi setiap 6 hari. mereka betiga berlatih bersama yang kedua tanggal 5 april 2016, merka berlatih bersama pada tanggal….

A. 5 Februari 2016

B. 4 Februari 2016

C. 24 Februari 2016

D. 25 Februari 2016

E. 1 Februari 2016

Jawab 

KPK dari 4, 5, 6 = 60 hari

1-5 april = 5 hari

1-31 maret = 31 hari

5- 29 Feb = 24 hari

 

Faktor persekutuan terbesar (FPB) dari 28, 42, dan 76 adalah…

A. 4

B. 7

C. 8

D. 14

E. 2

Jawab 

Factor 28= 2x2x7

Factor 42=2x3x7

Factor 76=2x2x19

FPB= 2

 

Seorang pengelola pasar swalayan menerima pasokan buah-buahan dan sayur mayur berupa 75 sisir pisang, 90 ikat bayam dan 120 buah jeruk. Ia akan mengemasnya dalam paket-paket dengan per paket berisi pisang, sayur mayur dan jeruk. Paket terbanyak yang dapat disiapkannya dengan sisa yang sedikit-sedikitnya adalah ….

A. 6 kemasan

B. 36 kemasan

C. 25 kemasan

D. 12 kemasan

E. 15 kemasan

jawab:

factor 75= 3x5x5 factor 90= 2x3x3x5 factor 120= 2x2x2x3x5

FPB 3X5=15

 

Sepotong daging dalam kulkas bersuhu -3 o Daging tersebut dipanaskan diatas api sehingga suhunya rata-rata naik 8OC setiap 2 menit. Suhu daging setelah dipanaskan 6 menit adalah…. Select one:

A. 14Oc

B. 21oC

C. 34oC

D. 20oC

E. 27oC

jawab

-3o + 6/2 . 8o

=-3o + 3.8o

=-3o + 24o

=21o

 

SOAL SOSIAL KULTURAL

Berikut adalah kebutuhan fisik yang walaupun tidak terpenuhi akan menganggu kehidupan manusia, kecuali ….

A. kebutuhan untuk mengembangkan bakat

B. kebutuhan untuk mengembangkan bakat hobi

C. kebutuhan untuk rekreasi

D. kebutuhan untuk memberi atau menerima kasih sayang

E. kebutuhan untuk berkuasa

Jawaban : C

Manusia mempunyai kebutuhan-kebutuhan tertentu berupa kebutuhan fsik, namun sebetulnya manusia tidak semata-mata mempunyai kebutuhan fisik. Meskipun tidak dipenuhi kondisi fisik itu tidak akan terlalu terganggu. Misalnya, kebutuhan untuk mengembangkan bakat atau hobi, rekreasi, dan memberi atau menerima kasih sayang. Kita tentu pernah merasa pada suatu saat makanan yang tidak terlalu lezat menjadi terasa lezat karena makan di tempat yang nyaman ditemani oleh teman-teman. Sebaliknya, lezat dan senikmat apa pun makanan yang kita makan, akan tetapi jika tempat dan lingkungan sosialnya tidak mendukung maka makanan tersebut menjadi terasa tidak lezat. Perasaan enak dan nyaman atau perasaan tidak enak dan tidak nyaman tersebut sebetulnya merupakan wujud dari terpenuhi atau tidaknya kebutuhan biologis manusia.

 

Tipe persaingan pribadi juga dinamakan ….

A. cavalry

B. rivalry

C. rivality

D. chivalry

E. rivalism

Jawaban : B

Persaingan mempunyai dua tipe umum, yakni persaingan yang bersifat pribadi dan tidak pribadi. Persaingan yang bersifat pribadi terjadi jika orang perorangan atau individu secara langsung bersaing. Misalnya, antarindividu bersaing untuk memperoleh kedudukan tertentu di dalam suatu organisasi. Tipe persaingan pribadi juga dinamakan rivalry.

 

Berikut ini yang termasuk contoh komunikasi yang bersifat negatif dan positif adalah …

A. Noval dan Fani adalah sahabat lama sewaktu di bangku SMA. Suatu ketika mereka bertemu di stasiun kereta api. Noval dan Fani berjabat tangan layaknya seorang sahabat. Namun, kejadian itu dilihat oleh kekasih Fani yang pada saat itu menjemputnya. Biyan, kekasih Fani menegur Noval, sehingga terjadi pertengkaran antara Noval dan Biyan.

B. Ayah menitip pesan pada ibu agar sopir langsung menjemput ke bandara.

C. Roni menerima permintaan maaf dari Dina

D. Pihak GAM menyambut baik usulan perundingan damai Indonesia.

E. Indra mengunjungi rumah Ani setelah menerima surat undangan.

Jawaban A

Noval dan Fani adalah sahabat lama sewaktu di bangku SMA. Suatu ketika mereka bertemu di stasiun kereta api. Noval dan Fani berjabat tangan layaknya seorang sahabat. Namun, kejadian itu dilihat oleh kekasih Fani yang pada saat itu menjemputnya. Biyan, kekasih Fani menegur Noval, sehingga terjadi pertengkaran antara Noval dan Biyan. Dari hal di atas, Noval dan Fani saling memahami maksud dan tujuan mereka sehingga muncullah komunikasi yang positif. Sebaliknya, Biyan bersifat negatif terhadap Noval.

 

Berikut adalah jenis penggunaan bahasa isyarat, kecuali ….

A. mengangguk

B. menunjuk

C. mencela

D. mengangkat bahu

E. menggunakan bentuk bahasa isyarat yang lain

Jawaban C

Ketika berinteraksi dengan pihak lain, seseorang dapat melakukannya dengan melalui penggunaan katakata yang disebut dengan cara oral maupun dengan gerak tubuh yang disebut dengan bahasa isyarat. Dalam berinteraksi secara langsung dilakukan melalui penggunaan bahasa isyarat, seperti mengangguk, menunjuk, menggeleng, mengangkat bahu, atau menggunakan bentuk bahasa isyarat yang lain.

 

Suatu cara untuk menyelesaikan pertentangan tanpa menghancurkan pihak lawan disebut …. a. mediasi

A. akomodasi

B. kompromi

C. arbitrase

D. toleransi

Jawaban A

Akomodasi, artinya adanya suatu keseimbangan dalam interaksi antara orang per orang atau kelompokkelompok manusia dalam kaitannya dengan norma dan nilai sosial yang berlaku di dalam masyarakat. Akomodasi ini terjadi pada orang atau kelompok yang harus bekerja sama sekalipun dalam kenyataannya mereka memiliki paham yang berbeda. Akomodasi sebenarnya merupakan suatu cara untuk menyelesaikan pertentangan tanpa menghancurkan pihak lawan.

Dengan demikian, pihak lawan tidak kehilangan kepribadiannya. Tujuan akomodasi dapat berbeda-beda sesuai dengan situasi yang dihadapinya.

 

Unsur-unsur kebudayaan asing itu lambat laun diterima dan diolah ke dalam kebudayaan sendiri, tanpa menyebabkan hilangnya kepribadian kebudayaan itu sendiri. Hal itu merupakan unsur terjadinya ….

A. ajudikasi

B. konsiliasi

C. kompromi

D. arbitrase

E. akulturasi

Jawaban E

Akulturasi merupakan suatu proses di mana kelompok manusia dengan suatu kebudayaan tertentu dihadapkan pada unsur kebudayaan asing yang berbeda. Unsur-unsur kebudayaan asing itu lambat laun diterima dan diolah ke dalam kebudayaan sendiri, tanpa menyebabkan hilangnya kepribadian kebudayaan itu sendiri. Unsur-unsur kebudayaan yang mudah diterima dalam proses akulturasi, antara lain peralatan yang sangat mudah dipakai dan dirasakan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang menerimanya.

 

Suatu sistem kerja sama yang dilakukan oleh sejumlah orang untuk mencapai tujuan tertentu organisasi sosial disebut ….

A. organisasi sosial

B. kelompok sosial

C. lembaga sosial

D. kerja sosial

E. institusi sosial

Jawaban A

Suatu sistem kerja sama yang dilakukan oleh sejumlah orang untuk mencapai tujuan tertentu disebut organisasi sosial.

 

Mengikuti orang lain dalam hal cara berpakaian, model rambut, gaya bicara, dan bertingkah laku disebut ….

A. imitasi

B. sugesti

C. identifkasi

D. simpati

E. empati

Jawaban A

Imitasi berasal dari bahasa Inggris, imitation yang artinya tiruan atau peniruan. Jadi, imitasi merupakan proses meniru orang lain baik dalam hal sikap maupun tingkah laku. Tindakan meniru ini mereka peroleh dengan cara belajar dan mengikuti perbuatan orang lain yang menarik perhatiannya. Imitasi dapat terjadi, misalnya dalam hal cara berpakaian, model rambut, gaya bicara, dan bertingkah laku. Imitasi yang baik atau positif dapat mendorong seseorang untuk mempertahankan, melestarikan, serta menaati norma dan nilai yang berlaku.

 

Kehidupan suatu masyarakat yang tertib ditandai oleh beberapa hal, kecuali ….

A. individu atau kelompok bertindak sesuai norma dan nilai yang berlaku

B. adanya pranata-pranata sosial yang saling mendukung

C. adanya kerja sama yang harmonis dan menyenangkan

D. adanya kerja sama yang menyenangkan

E. adanya ikatan kontraktual

Jawaban E

Tertib sosial adalah gambaran tentang kondisi kehidupan suatu masyarakat yang teratur, dinamis, dan aman sebagai akibat adanya hubungan yang selaras antara tindakan, norma, dan nilai sosial dalam interaksi sosial. Kehidupan suatu masyarakat yang tertib ditandai oleh beberapa hal, antara lain

  1. individu atau kelompok bertindak sesuai norma dan nilai yang berlaku;
  2. adanya pranata-pranata sosial yang saling mendukung;
  3. adanya kerja sama yang harmonis dan menyenangkan.

 

Berikut adalah beberapa bentuk interaksi sosial yang memberi arah ke suatu proses asimilasi, kecuali

A. interaksi sosial bersifat suatu pendekatan terhadap pihak lain

B. interaksi sosial tidak mengalami halangan-halangan atau pembatasan-pembatasaan

C. interaksi sosial bersifat langsung dan primer

D. interaksi sosial memakai alat yang canggih

E. frekuensi interaksi sosial tinggi dan tetap, serta ada keseimbangan antara pola-pola asimilasi tersebut

Jawaban D

Ada beberapa bentuk interaksi sosial yang memberi arah ke suatu proses asimilasi (interaksi yang asimilatif).

Interaksi sosial bersifat suatu pendekatan terhadap pihak lain. Dalam interaksi tersebut pihak lain juga melakukan tindakan yang sama. Contoh interaksi sosial yang bersifat suatu pendekatan, yaitu seorang siswa yang jujur, pandai, dan baik tidak akan mungkin dapat bergaul bersama rekannya yang licik dan nakal di sekolah. Walaupun siswa yang jujur, pandai, dan baik tadi berusaha untuk bersikap toleran terhadap rekannya itu. Namun, tetap tidak akan terbentuk sebuah persahabatan karena pihak lain itu bersikap sebagai musuh.

Interaksi sosial tidak mengalami halangan-halangan atau pembatasan-pembatasan. Halangan atau pembatasanitu seperti halangan untuk melakukan perkawinan campuran. Selain itu, halangan atau pembatasan untuk memasuki lembaga-lembaga pendidikan tertentu.

Interaksi sosial bersifat langsung dan primer. Interaksi sosial bersifat langsung dan primer, misalnya upaya untuk membentuk sebuah organisasi multilateral atau bilateral akan terhalang oleh adanya kesukaran melakukan interaksi langsung dan primer antarnegara yang bersangkutan.

Frekuensi interaksi sosial tinggi dan tetap, serta ada keseimbangan antara pola-pola asimilasi tersebut. Frekuensi interaksi sosial tinggi dan tetap, artinya stimulan dan tanggapantanggapan dari pihak-pihak yang mengadakan asimilasi harus sering dilakukan dan suatu keseimbangan tertentu harus dicapai dan dikembangkan. Misalnya, perlunya pertemuan rutin antaranggota kelompok atau organisasi demi tercapainya suatu asimilasi, khususnya antara anggota baru dan lama.

 

Demikian yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat bagi rekan-rekan yang membutuhkan. Jika rekan-rekan menginginkan soal-soal dan pembahasannya dalam bentuk file, rekan-rekan dapat mengunduhnya dibawah ini

Soal Matematika dan Pembahasannya

Soal Sosial Kultural dan pembahasannya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*