Mengenal permainan Bola Kecil

Permainan bola kecil lebih dominan dimainkan dengan alat. peralatan permainan bola kecil misalnya raket, Kok, net, dan bola. tentu kamu mengetahui bahwa permainan bola kecil seperti bulu tangkis, dan tennis meja sering dipertandingkan. Tahukah kamu mengapa bola kasti tidak dipertandingkan?

Permainan kasti tidak dipertandingkan karena termasuk dalam permainan trasidional. permaianan tradisional memiliki ciri-ciri berikut;

  • Menggunakan alat atau fasilitas yang sederhana
  • melibatkan banyak orang/pemain
  • memiliki nilai-nilai luhur seperti melatih tanggung jawab dan taat aturan
  • Hanya dimainkan oleh kelompok masyarakat tertentu secara terbatas

Jenis-Jenis permainan bola kecil;

Pemainan Bulu Tangkis

Bermain bulu tangkis sangat mudah. Bola yang disebut kok dipukul menggunakan alat bernama raket. kok harus dipukul melewati net dan jatuh di daerah lawan. Permainan ini dapat dilakukan diluar atau didalam lapangan. Alat yang digunakan yakni raket, kok, dan net.

Kamu dapat memainkan bulu tangkis secara berpasangan maupun tunggal. Pertandingan bulu tangkis yang dilombakan adalah sebagai berikut;

  • Tunggal Putra
  • Tunggal Putri
  • Ganda Putra
  • Ganda Putri Ganda Campuran

Nah, lakukan pertandingan bulu tangkis bersama temanmu! Selain bermanfaat bagi kesehatan, kamu pasti akan merasa senang.

Permainan tenis Meja

Apakah kalian pernah melihat pertandingan tenis meja? Pertandingan tenis meja mirip dengan bulu tangkis. Tetapi, alat yang digunakan adalah bola kecil, net dan bet sebagai pemukul bola. Bola yang dipukul dengan bet harus melewati net dan jatuh di daerah lawan.

Untuk bermain tenis meja kalia harus memiliki keterampilan gerak yang baik. Gerkan yang harus dikuasai misalnya memegang bet, memukul bola, dan menerima bola. Sama seperti bulu tangkis, tenis meja dapat dimainkan secara tunggal atau ganda.

Permainan Bola Kasti

Apa yang kalian rasakan saat bermain bola kasti? pastinya senang bukan! Bola kasti dimainkan oleh dua regu. Ada regu yang bertugas sebagai penjaga dan ada regu yang bertugas sebagai pemukul. Alat pemukul terbuat dari kayu dengan panjang 60cm. Bola yang digunakan terbuat dari karet.

Kamu ahrus memiliki kemampuan dasar seperti menangkap, berlari, dan melempar bola. Kemampuan tersebut dapat mendukungmu bermain bola kasti dengan baik. Melalui permainan bola kasti, kamu dapat belajar tentang pentingnya kerjasama tim, disiplin, kerja keras, dan mematuhi peraturan. Pemain dalam permainan bola kasti dibagi sesuai tugasnya. Ada pemain yang bertugas memukul, melempar dan menjaga bola.

Permainan bola kasti dapat disederhanakan, misalnya;

  • Peraturan
  • Alat yang digunakan
  • jumlah pemain.

Menyederhanakan permainan bola kasti akan memudahkan orang untuk memainkannya. Hal ini dikarenakan tidak ahrus menggunakan alat, peraturan dan pemain sesuai peraturan yang aslinya.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*