Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Vegetatif

Salah satu ciri makhluk hidup adalah berkembang biak. Makhluk hidup berkembang biak untuk melestarikan jenisnya. Cara makhluk hidup berkembang biak bermacam-macam. Perhatikan gambar berikut! Pernahkah kamu melihat Iebah yang hinggap pada bunga? Menurutmu, apa tujuan Iebah tersebut hinggap pada bunga? Adakah kaitan keberadaan Iebah dengan perkembangbiakan pada tumbuhan?

Apakah di lingkungan sekitarmu terdapat pohon mangga? Pada musim tertentu, pohon mangga akan berbunga dan bebelapa minggu kemudian menghasilkan buah. Di dal am am buah mangga terdapat biji yang akan tumbuh menjadi Baru. Individu baru tanaman mangga kemudian akan tumbuh ghasilkan bunga dan buah. dan berkembang serta men Lain halnya dengan hewan, misalnya ayam. Perhatikan gambar berikut! Pada gambar nampak seekor induk ayam dengan anaknya. Seekor induk ayam dapat menghasilkan beberapa anak. Anakan ayam berasal dari telur yang dierami hingga menetas. Telur-telur tersebut sebelumnya sudah mengalami pembuahan oleh induk jantannya. Ayam mempunyai kemampuan memperbanyak diri dengan bertelur dan telur kemudian menetas menjadi anak ayam. Pohon mangga dan induk ayam mengalami perkembangbiakan. Perkembangbiakan adalah kemampuan memperbanyak din dengan menghasilkan keturunan baru. Keturunan baru yang hidup akan menjamin kelestarian jenisnya. Semua makhluk hidup mempunyai kemampuan berkembang biak untuk mempertahankan kelestariannya.

Perkembangbiakan Tumbuhan

Untuk memperbanyak diri, tumbuhan berkembang biak. Tumbuhan dapat berkembang biak dengan dua cara, yaitu secara generatif dan vegetatif.

Perkembangbiakan Tumbuhan secara Generatif Tumbuhan dapat berkembang biak secara generatif Perkembangbiakan generatif adalah perkembangbiakan yang mehbatkan induk jantan dan induk betina. Cin perkembangbiakan generatif pada tumbuhan adalah munculnya bunga Bunga memihki empat bagian utama, yaitu kelopak, mahkota, putik, dan benang sari. Dari keempat bagian tersebut, yang berperan sebagai alat perkembangbiakan generatif adalah putik dan benang sari Punk berperan sebagai alat perkembangbiakan behna sedangkan benang sari berperan sebagai alas perkembangbiakan jantan Benang sari menghasilkan serbuk sari.

Proses Perkembangbiakan secara Generatif
Perkembangbiakan secara Generatif dilakukan melalui proses penyerbukan dan pembuahan
Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan diawali dengan proses penyerbukan,
Penyerbukan yaitu melekatnya atau jatuhnya serbuk sari ke kepala putik.Setalah terjadi penyerbukan, serbuk sari menuju ruang bakal biji, serbuk sari rnasuk ke ruang bakal buah melalui buluh serbuk sari. Di dalarn ruang bakal biji terjadi pembunhan
Berikut proses perkembangbiakan secara generatif pada tumbuhan :

Terjadi penyerbukan, yaitu metekatnya serbuk sari ke kepala putik. Serbuk sari menuju bakal biji melalui buluh serbuk sari. Terjadi pembuahan yang rnenghasilkan zigot. Zigot berkembang menjadi lembaga yang merupakan colon tumbuhan baru. Bakal buah membesar dan berkembang menjadi buah bersamaan dengan pembentukan biji. Biji yang ditanam atau jatuh di tingkungan yang tepat akan tumbuh menjadi kecambah. Kecambah tumbuh menjadi tumbuhan muda. secara generatif. Tumbuhan muda tumbuh menjadi tumbuhan dewasa yang dapat melakukan perkembangbiakan secara generatif.

Macam-macam Penyerbukan
Berdasarkan asal serbuk sarinya, penyerbukan dibedakan manjadi empat macam, yaitu penyrbukan sandiri, penyerbukan tetangga, panyerbukan silang, dan penyerbukan bastar:

  • Penyerbukan Sendiri (Autogami) adalah penyerbukana yang terjadi apabila serbuk sari melekat di kepala putik bunga itu sendiri. Bunga yang melakukan autogami memiliki bentuk bunga yang khas sifatnya, yaitu meskipun bunga sudah mekar, putiknya tetap terlindungi oleh bagian-bagian bunga lainnya sampai terjadinya penyerbukan sendiri.
  • Penyerbukan tetangga (geitonogami) adalah penyerbukan yang terjadi apabila serbuk sari dari suatu bunga jatuh di kepala putik bunga yang lain yang masih dalam satu tumbuhan. Ciri tumbuhan yang melakukan penyerbukan tetangga adalah kematangan bunga jantan dan betina yang tidak bersamaan.
  • Penyerbukan Silang (alogami) adalah penyerbukan yang terjadi apabila serbuk sari jatuh di kepala putik bunga pada tanaman yang berbeda, tetapi masih satu jenis.
  • Penyerbukan bastar adalah penyerbukan yang terjadi apabila serbuk sari jatuh di kepala putik di bunga yang berasal dari tumbuhan yang berbeda virietasnya. Tujuan dari penyerbukan bastar adalah menggabungkan sifat dikehendaki dari dua jenis tumbuhan dalam satu tumbuhan. Misalnya, persilangan antara tanaman rambutan berbuah besar dan asam dengan tanaman rambutan berbuah kecil dan manis. Dari persilangan tersebut diharapkan dihasilkan tanaman rambutan yang berbuah besar dan kecil.

Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Vegetatif

Perkembangbiakan vegetatif merupakan perkembangbiakan tumbuhan yang hanya melibatkan satu induk saja. Ciri khas dari perkembangbiakan vegetatif adalah individu baru hasil keturunannya mirip dengan induknya. Perkembangbiakan vegetatif dapat terjadi secara alami maupun buatan.
Perkambangbiakan vegetatif alami
Perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif alami terjadi melalui beberapa bagian tubuh induk. Contoh bagian tumbuhan yang dapat dijadikan alat perkembangbiakan vegetatif adalah sebagai berikut;

  • Spora adalah bagian tumbuhan yang berfungsi untuk memperbanyak tumbuhan. Fungsi Spora mirip seperti biji, Contoh Tumbuhan yang menghasilkan spora adalah lumut dan tumbuhan paku.
  • Tunas adalah tumbuhan muda yang baru tumbuh dari bagian tubuh induk tumbuhan. Contoh; tunas pada tumbuhan pisang dan bambu
  • Akar tinggal atau rhizoma merupakan batang yang tumbuh menjalar didalam tanah. Ciri-ciri akar tinggal adalah Bentuknya seperti akar, tetapi berbuku-buku dan pada ujungnya terdapat kuncup atau calon tunas. pada setiap buku terdapat sisik yang berasal dari daun. contohnya; akar tinggal pada lengkuas, jahe dan kunyit.
  • Umbi batang merupakan batang yang menggembung dan tumbuh didalam tanah. pada umbi batang terdapat tunas. Jika ditanam, dari mata tunas akan muncul tunas yang akan tumbuh menjadi tumbuhan baru. contohnya; umbi batang pada kentang, ubi jalar, dan bengkuang.
  • Umbi Lapis sebenarnya merupakan lapisan-lapisan daun yang mengelilingi batang. Umbi lapis tumbuh didalam tanah. Dari dalam umbi lapis akan tumbuh tunas atau calon tumbuhan baru. contohnya; umbi lapis pada bawang putih dan bawang merah.
  • Umbi akar merupakan akar yan berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan. Umbi akar bukan merupakan alat perkembangbiakan. contoh; umbi akar pada singkong dan wortel. Pada wortel terdapat tunas dipangkal umbi akar. Jika ditanam, tunas pada wortel akan tumbuh menjadi tumbuhan baru.
  • Tunas adventif terdapat pada tepi daun atau akar tumbuhan. Jika ditanam ditempat yang sesuai, tunas tersebut akan tumbuh menajdi tanaman baru. contohnya; tunas adventif cocor bebek terdapat di daun dan tunas adventif sukun terdapat diakar.
  • Geragih merupakan batang yang menjalar didalam atau di atas permukaan tanah. tumbuhan yang berkembangbiak dengan geragih adalah stroberi dan rumput teki.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*