Alat-Alat Optik

Alat optik adalah peralatan yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya, untuk membantu melihat benda-benda. Alat optik merupakan alat yang berupa prisma, lensa, dan cermin sebagai bagian utamanya. Berikut beberapa contoh alat optik ;

LUP (Kaca Pembesar)

LUP atau kaca pembesar adalah alat optik yang terdiri dari dari sebuah lensa cembung. Lup difungsikan untuk melihat benda-benda kecil agar nampak manjadi besar.

Kamera

kamera adalah alat yang digunakan untuk menagkap gambar. dengan berkembangnya teknologi yang semakin pesat, jenis kamera sangat beragam sehingga orang yang hobi photographi akan sangat dimanjakan dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Mikroskop

Mikroskop adalah alat optik yang digunakan untuk melihat benda-benda kecil agar nampak manjadi besar dan jelas. mikroskop terdiri dari dua lensa cembung. lensa cembung pertama adalah lensa yang dekat dengan benda yang diamati (objek), yang disebut dengan lensa objektif. sedangkan lensa yang kedua yang disbeut dengan lensa okuler merupakan lensa yang dekat dengan pengamat atau mata anda.

Periskop

Periskop adalah teropong pada kapal selam yang digunakan untuk mengamati benda-benda dipermukaan laut. periskop terdiri dari dua lensa cembung dan dua prisma siku-siku sama kaki. Persikop sederhana terdiri dari dua cermin datar. Sehingga dengan alat tersebut kita dapat melihat bayangan benda yang mungkin tidak terjangkau oleh mata kita.

Teleskop

Teleskop atau teropong adalah alat yang digunakan untuk melihat benda-bend ayang jauh agar tampak lebih jelas dan dekat. Teleskop dibedakan menjadi dua  yaitu teropong bintang dna teropong bumi. Teropong bintang berfungsi untuk mengamati benda-benda luar angkasa, sedangkan teropong bumi berfungsi untuk mengamati benda-benda dipermukaan bumi.

Mata termasuk alat optik, karena mata kita juga memiliki lensa mata yang bekerja atas dasar sifat-sifat cahaya. Contoh alat optik lainnya adalah kacamata. kacamata merupakan alat yang membantu penglihatan yang terdiri atas lensa positif atau lensa negatif atau keduanya.

 

Baca Juga : 

  1. Kelainan Pada Mata
  2. Alat-alat Optik
  3. Mata Sebagai Indera Penglihatan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*