Kelainan Pada Mata

Kelainan pada mata yang sering muncul, antara lain, rabun jauh, rabun dekat, rabun tua, rabun senja, dan buta warna.

Miopi 

apakah ada diantara rekan-rekan yang menggunakan kacamata, karena tidak dapat melihat benda-benda yang jauh? Apakah jenis lensa yanga digunakan?

Miopi adalah cacat mata yang disebabkan oleh lensa mata yang terlalu cembung sehingga bayangan dari benda jauh jatuh didepan retina. Miopi disebut juga dengan rabun jauh, karena tidak dapat melihat benda yang jauh dengan jelas. penderita miopi hanya mampu melihat jelas benda yang dekat. Untuk menolong penderita miopi dipakai kacamata dengan lensa yang cekung (lensa negatif).

Hipermetropi

Apakah kamu pernah melihat orang tua atau kakek nenek yang membaca buku pada jarak yang lebih jauh dari normal pada umumnya? Hipermetropi adalah cacat mata yang disebabkan oleh lensa mata terlalu pipih, sehingga bayangan dari benda yang dekat jatuh dibelakrang retina.

Hipermetropi disebut juga rabun dekat karena tidak dapat melihat benda yang jaraknya dekat. Penderita hipermetropi hanya mampu melihat benda yang jauh. Untuk menolongnya menggunakan kacamata lensa cembung (lensa positif).

Presbiopi

Presbiopi umumnya terjadi pada orang yang berusia lanjut yang pada masa mudanya sudah tidak dapat melihat pada jarak jauh. Semakin bertambah usia, daya akomodasi mata berkurang, sehingga tidak dapat memfokuskan bayangan benda yang berada jauh maupun dekat dnegan mata.

Astigmatisma

Astigmatisma adalah cacat mata yang disebabkan oleh kecembungan permukaan kornea atau permukaan lensa mata yang tidak rata sehingga sinar yang datang tidak difokuskan pada satu titik. Untuk menolong orang yang cacat mata seperti ini menggunakan kacamata lensa cekung (lensa negatif).

Katarak

Katarak adalah cacat mata yang disebabkan adanya pengapuran pada lensa mata sehingga daya akomodasi berkurang dan penglihatan manjadi kabur. Katarak umumnya terjadi pada orang yang sudah berusia lanjut dan dapat menimbulkan kebutaan.

Rabun Senja (Hemeralopi)

Rabun Senja (Hemeralopi) sering disebut juga rabun ayam, karena ayam tidak dapat melihat setelah senja. Rabun senja adalah penyakit mata yang disebabkan oleh kekurangan vitamin A. Penderita rabun senja tidak dapat melihat dengan jelas pada senja hari. Bila keadaan demikian dibiarkan berlanjut akan  mengakibatkan kornea mata rusak dan dapat menyebabkan kebutaan.

Buta Warna 

Buta warna  merupakan kelaian penglihatan mata yang bersifat menurun. Penderita buta warna tidak mampu membedakan warna tertentu. misalnya warna merah, hijau, atau biru. Seseorang yang buta warna total hanya dapat membedakan warna hitam dan putih saja.

Demikian penjelasan tentang Kelainan Pada Mata, semoga dengan penjelasan ini dapat membantu rekan-rekan yang membutuhkan dan selalu menjaga kesehatan mata kita masing-masing.

 

Baca Juga : 

  1. Kelainan Pada Mata
  2. Alat-alat Optik
  3. Mata Sebagai Indera Penglihatan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*