Pengertian Listrik, Arus Listrik dan Rangkaian Linstrik

Manfaat listrik amat banyak dalam kehidupan kita sehari-hari. hampir seluruh kegiatan yang kita lakukan sehari-hari menggunakan peralatan listrik. Coba perhatikan gambar sakelar dibawah ini ! Apa yang terjadi jika kamu menekan tombol pada benda tersebut? Jika kamu menekan kembali tombolnya, apakah ada perubahan yang terjadi? Apa fungsi dari benda tersebut?

Listrik adalah salah satu bentuk energi. Listrik dapat kita nikmati dirumah, di sekolah, atau tempat-tempat umum karena listrik mengalir dari pembangkit listrik melalui kabel-kabel. Oleh karena itu, kita menyebutnya arus listrik.

Arus Listrik

Listrik merupakan salah satu bentuk energi yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Perhatikan gambar berikut;

Lampu yang dihubungkan dengan baterai akan menyala. Lampu menyala karena ada energi listrik yang mengalir melalui kabel. Arah aliran arus listrik ke arah kekanan.

Lampu yang dihubungkan dengan baterai melalui kabel dan menghasilkan sebuah rangkaian listrik. Rangkaian listrik terdiri atas baterai yang merupakan sumber energi listrik. Kabel merupakan penghantar arus listrik. Lampu merupakan alat yang menggunakan energi listrik.

Baterai memiliki dua kutub, yaitu kutub positif (+) dan Kutub negatif (-). Arus listrik mengalir melalui penghantar dari kutub positif ke kutub negatif sehingga mengakibatkan lampu menyala. Arus listrik dapat mengalir apabila di antara kedua kutub tersebut terdapat perbedaan potensial listrik. Kutub positif merupakan daerah dengan potensial listrik. Kutub positif merupakan daerah dengan potensial tinggi sedangkan kutub negatif merupakan daerah potensial rendah. Jadi arus listrik akan mengalir dari potensial tinggi ke potensial rendah melalui penghantar.

Selain baterai ada beberapa contoh lain sumber listrik yang membangkitkan arus listrik. Beberapa contoh sumber listrik anatara lain akumulator (AKI), dinamo, dan generator.

Rangkaian Listrik

Sumber listrik dengan alat-alat (komponen) listrik yang mempunyai fungsi-fungsi tertentu yang saling terhubung akan membentuk rangkaian listrik. Rangkaian listrik yang akan kita bahas dalam materi ini adalah rangkaian listrik sederhana. Dalam rangkaian listrik sederhana, komponen listrik yang sering digunakan adalah lampu, kabel, dudukan lampu, dan sakelar.

Sakelar merupakan alat listrik yang berfungsi memutus dan menghubungkan arus listrik. Jika sakelar dalam keadaan tertutup berarti (ON) maka listrik dapat mengalir. Namun, jika sakelar dalam keadaan terbuka berarti (OFF) arus listrik tidak dapat mengalir.

berdasarkan susunan hubungan alat-alat listrik maka rangkaian listrik dibedakan menjadi rangkaian paralel dan rangkaian seri. Kedua rangkaian tersebut memiliki perbedaan. Perhatikan tabel rangkaian seri dan rangkaian paralel

Rangkaian Seri

Pengertiannya adalah Rangkaian listrik yang alat listriknya dipasang berderet tanpa cabang. Kelebihannya membutuhkan sedikit komponen listrik sehingga biaya yang dibutuhkan untuk membuat rangkaian paralel. Kekurangnanya jika salah satu alat listrik dilepaskan dari rangkaian yang membuat kabel terpisah akan mengakibatkan alat listrik lainnya padam, lampu menyala lebih redup. kegunaannya Lampu senter dan lampu lalu lintas.

Rangkaian Paralel

Pengertian rangkaian paralel merupakan rangkaian listrik yang alat listriknya dipasang sejajar sehingga terbentuk cabang diantara sumber arus listrik. kelebihannya jika salahs satu aliran listrik diputus, maka tidak akan berdampak pada arus listrik dicabang lain sehingga alat listrik lain tetap menyala, dan lampu jika menyala lebih terang. Kekurangannya membutuhkan banyak komponen listrik sehingga biaya yang dibutuhkan untuk membuat rangkaian paralel lebih besar daripada rangkaian seri.

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*