LKPD Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit

Mengapa dilarang menggunakan alat-alat listrik pada saat tangan kita basah? Apakan air dapat menghantarkan listrik? Larutan ada yang dapat menghantarkan listrik ada pula yang tidak dapat menghantarkan listrik.Apa penyebabnya?.

Larutan adalah suatu campuran dua zat atau lebih yang sifatnya homogen.  Daya hantar listrik dari larutan  bergantung pada banyaknya ion dalam larutan. Larutan yang dapat menghantarkan arus listrik disebut larutan elektrolit dan larutan yang tidak dapat menghantarkan arus listrik disebut larutan non elekrolit. Bagaimana membedakan latutan elektrolit dan non-elektrolit dan kekuatan daya hantar larutan elektrolit?

Cara untuk membedakan latutan elektrolit dan non-elektrolit dan kekuatan daya hantar larutan elektrolit adalah dengan mengujinya menggunakan alat uji elektrolit.

Gambar Alat Uji Elektrolit

Apabila lampu pada alat uji menyala terang dan ada gelembung gas pada elektrode, maka larutan bersifat elektrolit kuat atau mampu menghantarkan listrik dengan baik. Sedangkan, bila lampu pada alat uji menyala redup atau tidak menyala dan ada gelembung gas pada elektrode, maka larutan bersifat elektrolit lemah atau  penghantar listrik yang kurang baik. Bila lampu pada alat uji tidak menyala  dan tidak ada gelembung gas pada elektrode, maka larutan bersifat nonelektrolit atau tidak menghantarkan listrik.

Untuk dapat menguji daya hantar listrik sebaiknya dilakukan kegiatan praktikum agar memberikan pengalaman langsung yang bermakna. Untuk itu, diperlukan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang menunjang aktivitas praktikum ini. Anda dapat mengunduh contoh LKPD larutan elektrolit pada tautan di bawah ini :

LKPD Elektrolit

About Robert Kris 495 Articles
Berkah Dalem

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*