Menggali Informasi tentang Perubahan Cuaca dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan Manusia

Simak Video berikut ini!

 

 

Cuaca adalah keadaan udara yang terjadi di suatu tempat dalam waktu yang singkat.Artinya, cuaca dapat berubah-ubah dengan cepat. Misalnya pada pagi hari langit terlihat cerah,akan tetapi pada siang hari tiba-tiba saja berubah menjadi mendung.

Beberapa macam cuaca antara lain adalah:

  1. Cuaca cerah
  2. Cuaca cerah berawan
  3. Cuaca mendung
  4. Cuaca hujan

Terdapat tiga jenis awan, dikelompokkan berdasarkan bentuknya yaitu:

  1. Awan berbentuk serat, awan ini disebut awan cirrus Warnanya putih seperti kapas, dapat ditembus matahari, dan awan ini tidak menimbulkan hujan.
  2. Awan berbentuk gumpalan awan ini disebut awan cumulus. Bentuknya berupa gumpalan. Menandakan cuaca akan panas dan cerah.Awan ini bisa mengumpul dan berkembang menjadi awan mendung yang disebut cumulonimbus.
  3. Awan berbentuk lapisan Awan ini disebut awan stratus Berwarna kelabu. Menandakan akan turun hujan rintik/gerimis. Cuaca mempengaruhi aktivitas/kegiatan manusia Bila cuaca buruk, orang akan memilih untuk berdiam/beraktivitas di dalam rumah. Nelayan pun tidak akan melaut bila hujan deras.

Simak cerita berikut ini!

Agnes sedang duduk dikursi ruang tamu. Ia memandangi hujan dari jendela ruang tamu. Padahal, sore itu Agnes hendak bermain ke taman bersama teman-temannya. Akhirnya, Agnes pun mengurungkan niatnya untuk bermain sampai hujan reda. Saat hendak menutup jendela ruang tamu, perhatiannya tertuju ke luar jendela.

Agnes melihat sesuatu yang menakjubkan. Sesuatu itu adalah pelangi. Pelangi itu muncul dengan warna-warni yang sangat indah. Agnes mengetahui bahwa terdapat tujuh warna yang ada pada pelangi.

Warna- warna itu terdiri atas merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Warna-warna tersebut bersatu membentuk pelangi yang indah. Sungguh indah ciptaan Tuhan.

Agnes sungguh bersyukur dan mengagumi pelangi sebagai ciptaan Tuhan. Sejak saat itu, Agnes selalu menanti hujan reda. Ia berharap dapat melihat lagi pelangi yang muncul setelah hujan.

 

Menggali informasi dari cerita pada halaman sebelumnya dengan menjawab

pertanyaan berikut!

  1. Apa yang akan dilakukan Agnes pada sore hari?
  2. Mengapa Agnes mengurungkan niatnya?
  3. Apa yang Agnes lihat saat ingin menutup jendela ruang tamu?
  4. Bagaimana ciri-ciri benda yang lihat Agnes?
  5. Bagaimana perasaan Agnes saat melihat benda itu?

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*