Permainan Tonnis

Tahukah kalian apakah itu Permainan Tonnis?

Tonnis merupakan olahraga permaianan bola kecil yang relatif baru. Tonnis merupakan perpaduan antara permaianan badminton dan tenis lapangan. Olahraga permainan ini dapat dimainkan didalam maupun diluar gedung. Sekolah yang mempunyai halaman yang cukup luas dapat memainkan permaianan Tonnis ini.

Tonnis merupakan suatu bentuk olahraga permaianan untuk memperkenalkan gerakan dasar tenis lapangan. Permainan ini sangat mudah, karena alat permainannya mudah didapat atau dibuat sendiri.

Alat dan Lapangan Permainan

Alat pemukul dalam permaianan tonnis adalah sejenis raket yang dinamakan Paddle. Raket ini terbuat dari kayu multipleks. Supaya mengurangi tekanan angin, raket ini diberi lubang-lubang. Raket sederhana ini dapat dibuat sendiri.

Bola yang digunakan berupa bola tenis lapangan untuk usia dini. Bola ini sangat ringan dan lebih lentur sehingga kalau dipukul lajunya tidak teralu kencang.

Ukuran lapangan  adalah panjang 13,40 meter dan lebar 6, 10 meter. Panjang net seukuran dengan net badminton, tetapi tingginya hanya 85 cm seukuran dengan tinggi net tenis lapangan.

Peraturan Permainan

Peraturan permaianan tonnis hampir sama dengan bulu tangkis. Pemenang pertandingan adalah yang lebih dahulu meraih angka 21. Ketika terjadi rubber set akan dilanjutkan pertandingan set ketiga.

Jika terjadi deuce 20-20, dicari keunggulan dua angka untuk menentukan kemenangan. Namun, kalau sampai terjadi persaingan angka yang ketat setelah terjadi deuce, 21-21, 22-22, 23-23, sampai 24-24, atlet yang dapat mengumpulkan angka 25  lebih dahulu akan berhak memenangi pertandingan.

Teknik Dasar permainan

Dasar-dasar teknik permainan tonnis banyak mengambil dari teknik tenis lapangan. Berikut beberapa teknik dasar yang perlu dikuasai ketika aakan melakukan latihan permaianan tonnis.

Cara Memegang Raket

Teknik Pukulan

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*