Manfaat Bermusyawarah, Materi Kelas 3

No comment 131 views

Kita sudah mengetahui bahwa musyawarah merupakan salahs atu contoh perilaku yang sesuai dengan sila keempat Pancasila. Musyawarah perlu dilakukan saat kita akan mengambil keputusan bersama. Hasil musyawarah juga diharapkan dapat diterima oleh semua pihak. Hasil musyawarah harus dilaksanakan oleh semua pihak yang terlibat dengan penuh rasa tanggung jawab.

Kegiatan musyawarah memiliki banyak manfaat, antara lain sebagai berikut.

  1. Melatih kita untuk berani menyatakan pendapat
  2. Menyelesaikan masalah yang ada dengan baik
  3. Mengambil  keputusan yang adil dan bijaksana
  4. Menciptakan rasa kebersamaan dan tanggung jawab
  5. Menghargai pendapat orang lain

Sikap yag harus dijaga saat Bermusyawarah

Kita harus mempelajari bahwa sila keempat Pancasila bermakna setiap warga berhak menyampaikan pendapatnya dalam musyawarah. Saat menyampaikan pendapat, sebaiknya kita melakukannya dengan sikap santun. Saat orang lain berpendapat, sebaiknya mendengarkan dengan seksama dan menghargainya. Menghargai pendapat orang lain merupakan kewajiban setiap anggota dalam musyawarah tersebut. Jika salah satu anggota tidak menghargai pendapata orang lainnya, maka dapat menimbulkan perpecahan dan permusuhan. Perpecahan dan permusuhan dapat menghambat kelancaran jalannya musyawarah.

Hasil musyawarah merupakan keputusan terbaik yang disepakati bersama. Oleh karena itu, penting bagi setiap anggota musyawarah untuk memberikan pendapatnya sebelum keputusan diambil. JIka pendapat kita tidak digunakan dalam pengambilan keputusan, kita harus menerimanya dangan lapang dada.

Pembahasan Soal

  1. Sila berapakah yang menjadi dasar pentingnya bermusyawarah untuk mencapai mufakat? Jawaban: Sila yang menjadi dasar pentingnya bermusyawarah untuk mencapai mufakat adalah sila keempat ; Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.
  2. Siapa yang harus melaksanakan keputusan hasil musyawarah? Jawaban : yang harus melaksanakan keputusan hasil musyawarah adalah semua pihak yang terlibat dalam musyawarah tersebut dan harus melaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab.
  3. Tuliskan tiga manfaat melakukan musyawarah? Jawaban : tiga manfaat melakukan musyawarah; 1. Melatih kita untuk berani menyatakan pendapat, 2. Menyelesaikan masalah yang ada dengan baik, 3. Mengambil  keputusan yang adil dan bijaksana
  4. Apa yang mungkin terjadi jika ada permasalahan kelompok yang tidak diselesaikan dengan cara musyawarah? Jawaban : yang mungkin terjadi jika ada permasalahan kelompok yang tidak diselesaikan dengan cara musyawarah akan menimbulkan perpecahan atau permusuhan antar kelompok.
  5. Apakah manfaat melakukan musyawarah? Jawaban : manfaat melakukan musyawarah ; 1) Dengan bermusyawarah dapat menyelesaikan lebih mudah dan dapat diterima oleh segala pihak.
    2) Dengan bermusyawarah dapat menjalin kerukunan dan mempererat kerja sama.
    3) Dengan bermusyawarah, terbiasa untuk menghormati pendapat orang lain.

Demikian materi PPKn hari ini semoga bermanfaat untuk rekan-rekan semua. bagi rekan-rekan yang membutuhkan file Power Poin bisa langsung download disini

File PPKn PTT

JIka ingin melihat video penjelasan bisa dilihat disini

author
No Response

Leave a reply "Manfaat Bermusyawarah, Materi Kelas 3"