Penerapan Sila ketiga, empat dan lima Pancasila

Penerapan sila Persatuan Indonesia

žSila ketiga Pancasila mengandung nilai persatuan dan kesatuan, kerjasama dalam perbedaan, dan cinta tanah air. Nilai-nilai tersebut perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Bencana banjir melanda lingkungan tempat tinggal mita, banjir terjadi karena aliran air diselokan tersumbat sampah. solusi yang lakukan warga masyarakat yaitu dengan membersihkan lingkungan setiap hari minggu. Seluruh warga ikut bekerja bakti tanpa membeda-bedakan suku. semuanya saling bahu membahu agar banjir tidak terjadi dilingkungan tempat tinggal mereka.

Contoh penerapan nilai sila ketiga Pancasila

Suatu hari Bayu dan teman-temannya sedang bermian bola dilapangan, ada siswa dari sekolah lain yang ingin ikut bermain sepakbola bersama. dan akhirnya mereka bermain sepakbola bersama dengan gembira,

Berdasarkan cerita-cerita diatas kita dapat mengetahui bahwa menerapkan nilai sila ke-3 Pancasila memberi banyak manfaat. Manfaat-manfaat tersebut dapat dirasakan oleh semua orang. Tidak hanya diri kita saja.

MENGIDENTIFIKASI SIKAP SESUAI SILA KETIGA PANCASILA

Hari kemerdekaan Indonesia segera tiba, Bayu dan teman-temannya akan menghias lingkungan tempat tinggal mereka dengan memasang bendera. Akan tetapi saah satu tetangganya tidak ingin menghias bersama-sama. Dia malu karena baru pindah rumah dan belum memiliki teman. sikap bayu dan teman-temannya sebaikknya.

Membiarkannya atau mengajaknya menghias lingkungan bersama.

ada juga sikap yang lain coba tuliskan; ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Penerapan sila kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan.

žSila keempat Pancasila mengandung nilai kekeluargaan dan mengutamakan musyawarah untuk menyelesaikan masalah bersama. Musyawarah adalah pembahasan bersama dengan maksud mencapai keputusan atas penyelesaian masalah, perundingan, perembukan musyawarah.

contoh-contoh penyelesaian masalah melalui musyawarah.

Bayu, Mita, Agnes, Alex, dan Edo mendapat tugas kelompok. Mereka bermusyawarah untuk menentukan tempat mengerjakan tugas. Bayu mengusulkan agar tugas dikerjakan di rumah salah satu anggota. Edo mengusulkan agar mengerjakan tugas kelompok di rumahnya. Mita, Agnes dan Alex setuju dengan usul Edo. Lalu, mereka sepakat mengerjakan tugas di rumah Edo.

Ibu bertanya tentang menu makanan yang ingin keluarganya makan. Bayu ingin makan ayam goreng.  Adik Bayu ingin makan sayur bayam.  Ayah setuju dengan usul Bayu dan adik bayu. begitu pula dengan ibu. Akhirnya Ibu memasak ayam goreng dan sayur bayam untuk makan siang keluarga mereka.

žKegiatan yang dilakukan oleh kelompok Bayu dan keluarga Bayu adalah musyawarah untuk menyelesaikan masalah bersama. žSetiap peserta musyawarah boleh mengajukan usul. Mereka menghormati usul dari masing-masing anggota musyawarah. Keputusan yang dibuat adalah kesepakatan yang disetujui oleh semua peserta.

MENGIDENTIFIKASI SIKAP SESUAI SILA KEEMPAT PANCASILA

Bayu dan keluarganya berencana berlibur bersama.  Ayah mengajak ibu, Bayu, dan adik bermusyawarah untuk menentukan tempat berlibur, Bayu dan adik memiliki pendapat yang berbeda

a. Bagaimana sebaiknya sikap Bayu dan adinyak saat menyampaikan pendapatnya? Tuliskan juga sikap-sikap  lain yang sebaiknya dilakukan saat bermusyawarah!

b. Setelah bermusyawarah, pendapat adiklah yang disetujui Bagaimana sebaiknya sikap Bayu terhadap hasil musyawarah tersebut? Jelaskan pendapatmu!

c. Jika pendapat Bayu yang disetujui, bagaimana sebaiknya sikap Bayu terhadap adik?

d. Mengapa musyawarah penting dilakukan keLuarga Bayu dalam menentukan tempat beribur? jelaskan alasanmu!

 

Penerapan Sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

žSetiap sila dalam Pancasila mengandung nilai luhur yang perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Begitu pula sila kelima Pancasila.

contoh penerapan nilai yang terkandung dalam sila kelima Pancasila.

Warga di ingkungan tempat tingal Bayu akan melaksanakan Posyandu dan Siskamling. Akan tetapi, di lingkungan tempat tinggal Bayu tidak ada tempat untuk melaksanakan kegiatan.

Warga memutuskan untuk membangun gedung serbaguna. Seluruh warga memberi bantuan dalam pembangunan gedung. ada yng ikut membangun gedung “serbaguna, tersebut.

Gedung serbaguna telah selesai dibuat. Gedung itu sangat bermanfaat karena dapat digunakan sebagai tempat kegiatan masyarakat seperti Posyandu.

žCerita warga di lingkungan tempat tinggal Bayu tersebut merupakan contoh penerapan sila kelima Pancasila. Seluruh warga di lingkungan tempat tinggal Bayu berusaha untuk memajukan wilayah tempat tinggalnya. Mereka melakukannya dengan senang hati dan tanpa paksaan. Mereka menyadari bahwa apa yang dilakukan demi kepentingan bersama.

žKita perlu menerapkan nilai dalam sila kelima Pancasila seperti yang dilakukan warga di lingkungan Bayu. Ada banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh kita dan orang lain jika menerapkannya.

MENGIDENTIFIKASI SIKAP SESUAI SILA KElimA PANCASILA

Suatu hari ibu guru meminta sewa membuat prakarya. Setiap prakarya yang dibuat harus bisa digunakan disekolah Misalnya vas bunga atau tempat alat tulis.  Prakarya yang terbaik juga akan didaftarkan pada lomba prakarya antarkelas

Sebelum mengumpulkan prakarya pada iba guru, Ajeng dan teman-teman Ingin memperlihatkan prakarya buatan masing-masing.  Ajeng dan Fitri membuat prakarya yang sama, yaitu vas bunga Teman teman menganggap prakarya buatan Fitri lebih bagus daripada buatan Ajeng. Mereka ingin prakarya buatan Fitri yang didaftarkan pada lomba prakarya antar kelas.

Salah satu nilai luhur sila kelima pancasila adalah menghargai karya buatan orang lain yang  bermanfaat bagi kemajuan bersama.  Apakah teman teman ajeng sudah menerapkan sikap tersebut?

Bagaimana sebaiknya sikap ajeng  terhadap pendapat teman-temannya?

RIngkasan materi

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*