Pengertian Microprosesor

No comment 677 views

MIkroprosesor merupakan komponen elektronika yang merupakan sebuah IC ( Integrated Circuit/ Chip). Mikroprosesor bertugas sebagai pemroses dan pengendali uatama proses yang terjadi pada komputer. Meskipun ukurannya secara fisik tidak terlalu besar, tetapi pemikir utama dari sebuah komputer adalah mikroprosesor. dan disinilah proses utama diolah.

Mikroprosesor dapat menampung ribuan rangkaian elektronik dan kalau diuraikan terdiri dari jutaan komponen elektronik. Kecanggihan dari sebuah komputer ditentukan oleh Mikroprosesor.

Mikroprosesor pertama adalah intel 4004 yang dikenalakan pada tahun 1971, tetapi kegunaan mikroprosesor ini masih sangat terbatas, hanya dapat digunakan untuk operasi penambahan dan pengurangan. Mikroprosesor pertama yang digunakan untuk komputer dirumah adalah intel 8080, yang merupakan komputer 8 bit dalam satu chip yang diperkenalkan pada tahun 1974. Pada tahun 1979 diperkenalkan mikroprosesor baru yaitu 80286, berkembang lagi menjadi 80486, kemudian menjadi pentium, dari pentium 1 sampai dengan sekarang mikroprosesor berbasis core.

Pengembangan dan pembuat mikroprosesor yang saat ini banyak digunakan di Indonesia antara lain adalah : AMD, Intel, Cyrix, VIA, Transmeta dan lain-lain.

demikian penjelasan singkat mengenai Mikroprosesor semoga dapat membantu rekan-rekan semua.

author
No Response

Leave a reply "Pengertian Microprosesor"