Panji Semirang Cerita Rakyat Jawa Timur

No comment 510 views

Berikut ini adalah sebuah cerita rakyat dari jawa timur, mari kita simak bersama-sama sebagai inspirasi kita bersama :

 

Raden kertapati adalah putra mahkota kerajaan Jenggala. Tubuhnya tegap,wajahnya Tampan, ramah kepada siapa saja, termasuk kepada kedua pembantu setianya.

Raden Inu Kertapati sudah ditunangkan dengan seorang putri kerajaan kediri namanya Dewi Candra Kirana. Pada suatu hari Raden Inu Kertapati bermaksud mengunjungi tunangannya dikediri, ia diiringi perbekalan lengkap dan iringan pengawal.

Ditengah perjalanan rombongan itu dihadang oleh segerombolan penjahat dari Negeri Asmarantaka yang dipimpin oleh Panji Semirang. Raden Panji bersiap-siap, namun ternyata gerombolan itu tidak menyerang. Dua orang gerombolan maju mendekati Raden Inu Kertapati. Mereka menyuruh Raden inu Kertapati menemui pimpinan gerombolan itu, Kemudian akhirnya Raden Inu berkenan menemui Raden Panji Semirang tanpa rasa takut. ternyata Raden inu disambut dengan ramah oleh Radeng panji Semirang. Ternyata penilaian yang selama ini beredar tidak sama dengan kenyataan bahwa Negeri Asmarantaka adalah negeri para pengacau dan suka menculik orang. kemudian sanggahan tentang isu tersebut dibantah oleh Radeng Panji Semirang. kami hanya mengajak mereka untuk bermukim dinegeri kami, kalau tidak mau, kami juga tidak memaksakan kehendak.

Kalau begitu saya hendak melanjutkan perjalananku!

Hendak kemanakah Radeng?

Aku akan menemui calon istriku di Negeri Kediri.

Walaupun baru bertemu Radeng Inu kertapati merasa akrab dengan Raden Panji Semirang, Seperti sudah kenal dekat. Setelah berbincang cukup lama akhirnya Radeng Inu Kerapati minta ijin untuk melanjutkan perjalanan. setelah melakukan perjalana yang cukup melelahkan akhirnya Raden Inu Kertapati sampai Dinegeri kediri, Mereka disambut dengan penuh sukacita dan meriah.

Semua anggota istana menyambut dengan gembira, namun tunangan Raden Inu yaitu Dewi Candra Kirana tidak nampak dalam penyambutan, Lalu Raden Inu bertanya kenapa Dewi Candra kirana tidak ikut menyambut?

Kemudian Dewi Ajeng yang adalah adik dari Dewi Candra Kirana menjawab kalau sebenarnya Dewi Candra Kirana sakit ingatan dan pergi dari istana, Mendengar keterangan itu Raden Inu Kertapati kaget dan pingsan. Dewi Liku yang adalah selir raja ternyata memiliki kekuatan sihir dimana iya menginginkan menikahkan Raden Inu Kertapati dengan Dewi Ajeng. Dengan desakan Dewi Liku kepada Raja Kediri akhirnya raja memutuskan menikahkan Mereka.

Akhirnya Persiapan untuk menikahkan mereka dilakukan oleh seluruh anggota istana dengan sangat meriah, Namun rencana jahat Dewi Liku untuk menjodohkan Putrinya dengan Raden Inu tidak bisa berjalan mulus. tiba-tiba terjadi kebakaran hebat yang menghanguskan seluruh persiapan pernikahan. Kemudian rombongan  Raden Inu Kertapati langsung meninggalkan istana dengan menaiki kuda. lalu ditengah perjalanan pengaruh sihir Dewi liku lenyap dari pikiran Raden inu Kertapati.

Pangeran muda ini tersadar dan teringat kepada sosok kekasihnya, setelah direnungkan ternyata Raden Inu baru sadar kalau Panji semirang wajahnya sangat mirip dengan Dewi candra kirana. Lalu Raden Inu berpikir kalau Raden panji Semirang adalah Kekasihnya yang menyamar.

lalu Raden Inu bergegas menuju Negeri Asmarantaka, dimana panji semirang berada. setelah sampai dinegeri itu, ternyata panji semirang telah pergi meninggalkan negeri itu.lalu Raden Inu memerintahkan Prajuritnya untuk mencari Panji Semirang keseluruh Pelosok negeri, Namun tak seorangpun mendapatkannya.

Sampai pencarian dinegeri Gegelang, ternyata Raja Negeri Gegelang masih kerabat raja jenggala maka raden Inu disambut dengan baik. Pada saat itu Negeri Gegelang sedang diganggu  oleh gerombolan perampok sakti yang dipimpin oleh Lasan dan Setegal. Dan akhirnya Raden Inu bekerjasama memberantas perampok sakti tersebut.

Dengan kesaktian Raden Inu Kertapati beserta pasukan gabungan dari negeri gegelang akhirnya mereka berhasil memberantas para perampok tersebut beserta pimpinannya. Lalu raja Gegelang mengadakan pesta selama tujuh hari untuk merayakan kemenangan tersebut.

Dan yang tak pernah disadari oleh Raden Inu Kartapati, ternyata Dewi candra Kirana tinggal di negeri Gegelang, akhirnya mereka berdua bertemu, Dewi Candra Kirana menceritakan bahwa Dewi liku yang membuatnya hilang ingatan dan diusir dari istana Daha.

Dewi candra kirana bertemu dengan pertapa sakti dan diobati oleh beliau, mendengar cerita tersebut Raden Inu Kertapati sangat terharu mendengar kisah calon istrinya tersebut. keesokan harinya mereka berangkat ke Negeri jenggala dan melangsungkan pernikahan.

demikian Cerita Panji Semirang Cerita Rakyat Jawa Timur, semoga menjadi isnpirasi kita semua.

author
No Response

Leave a reply "Panji Semirang Cerita Rakyat Jawa Timur"