Pemerintah Akan angkat CPNS Guru sebanyak 6.300

Akan ada 6.300 orang pada tahun ini yang akan diangkat menjadi CPNS. Hal tersebut dikatakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi. Pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Khusus untuk guru. Kenapa demikian?

Karena Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan fokus membangun pendidikan didaerah  tertinggal, terdepan, dan terluar atau biasa disebut (3T). CPNS guru tersebut akan ditempatkan di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Beberapa daerah 3T yang berada di Jawa Timur, yakni Kabupaten :

  1. Bangkalan,
  2. Sampang,
  3. Situbondo,
  4. Bondowoso.

Pengangkatan CPNS guru difokuskan di daerah 3T dikarenakan Untuk mengatasi kekurangan tenaga pendidik, menurut menteri Muhadjir, strategi yang diterapkan adalah melalui Program Guru Keahlian Ganda. Guru normatif dan adaptif dididik kembali, dan dibekali kemampuan mata pelajaran produktif.

Dengan cara ini, kebutuhan guru, terutama SMK bisa diatasi tanpa mengangkat guru. Ada sekitar 12.000 guru yang lulus pendidikan guru berkeahlian ganda pada tahun lalu. Dan, tahun ini ada 15.000 guru yang mendaftar program ini.

ada sekitar 40.000 guru pada 2018 yang memiliki keahlian ganda menjadi target Kemendikbud . Maksud dari guru berkeahlian ganda adalah satu guru bisa mengajar beberapa mata pelajaran.

Kebijakan ini diterapkan sebagai langkah efisiensi anggaran negara dan juga peningkatan kualitas tenaga pendidik diIndonesia dan juga pemerataan Pendidikan diseluruh indonesia terkhusus didaerah terpencil, tertinggal dan terluar.

Sumber : kompas.com

 

 

author
No Response

Leave a reply "Pemerintah Akan angkat CPNS Guru sebanyak 6.300"