LKS Larutan Penyangga

No comment 1670 views

Tahukah kalian berapa pH darah kita? pH darah normal adalah 7,35 – 7,45.

Jika pH darah kita berada dibawah 7,35 berarti darah mengalami asidosis, sedangkan bila pH darah kita di atas 7,45 berarti darah mengalami alkalosis. Makanan yang kita makan sehari – hari ada yang bersifat asam seperti daging, kopi, mentega, roti, dan cokelat. Adapula makanan yang bersifat basa misalnya pisang, alpukat, wortel, brokoli. Lalu bagaimana cara darah mempertahankan nilai pHnya agar tidak mengalami asidosis dan alkalosis ?  Ternyata, dalam darah terdapat larutan penyangga yang dapat mempertahankan pHnya saat kita mengonsumsi makanan yang mengandung asam ataupun basa.

Contoh lain dari larutan penyangga dalam tubuh terdapat pada air liur. Email gigi sangat rentan terhadap perubahan pH, bahkan bisa larut dalam asam. Lalu, apa yang terjadi bila tidak ada larutan penyangga dalam air liur ? gigi kita akan mudah berlubang dan terkikis oleh asam dari makanan.

Larutan penyangga dapat dikenali dari sifatnya yang tidak mengalami perubahan pH secara signifikan saat ditambah sedikit asam, basa, ataupun diencerkan.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan contoh LKS untuk pengujian larutan penyangga. silakan mengunduhnya pada link download dibawah ini :

LKS Larutan Penyangga 

 

author
No Response

Leave a reply "LKS Larutan Penyangga"