Sel Volta

No comment 1020 views
Sel Volta,5 / 5 ( 1votes )

Pernahkah kalian melihat aki atau baterai ? Aki dan baterai merupakan salah satu sumber arus listrik searah yang banyak dipakai dalam kehidupan sehari- hari. Sel aki biasanya dipakai dalam kendaraan bermotor, sedangkan baterai banyak dipakai untuk jam dinding, kalkulator, dan alat – alat elektronik lainnya. Dalam ilmu kimia, akidan baterai ini dikenal sebagai sel Volta atau sel Galvani.

Sel Volta atau disebut juga dengan sel Galvani  adalah sel elektrokimia yang dapat menghasilkan energi listrik dari suatu reaksi redoks yang spontan. Reaksi redoks spontan yang dapat digunakan sebagai sumber energi listrik ini ditemukan oleh Luigi Galvani dan Alessandro Guiseppe Volta.

Sel Volta adalah rangkaian sel yang dapat menghasilkan arus listrik. Dalam sel tersebut terjadi perubahan dari reaksi kimia menghasilkan arus listrik.

Sel volta terdiri atas elektroda tempat berlangsungnya reaksi oksidasi disebut anoda(elektrode negatif), dan tempat berlangsungnya reaksi reduksi disebut katoda(elektrode positif).

Materi tentang sel Volta ini dibahas lebih lanjut dalam pelajaran kimia kelas XII semester ganjil. Kali ini kami akan membagikan file presentasi yang dapat digunakan oleh rekan-rekan pendidik untuk menjelaskan tentang materi sel Volta. Silakan mengunduh file tersebut pada link download di bawah ini :

 

Sel Volta ppt

author
No Response

Leave a reply "Sel Volta"