Hubungan Gaya, Gerak dengan Energi

The male archery athlete in a red shirt was bowing the bow in an archery competition.

Benda yang bergerak mengandung energi. Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja atau usaha. Energi yang dimiliki oleh benda yang bergerak disebut energi kinetik. Semakin besar gaya yang diberikan, semakin besar energi yang ditimbulkan. Contohnya, ketika anak panah dilontarkan dengan busur. Semakin besar tarikan terhadap karet busur maka semakin jauh juga anak panah tersebut terlempar. Karet busur memiliki sifat elastis. Sifat tersebut menyebabkan karet dapat menyimpan energi, yaitu energi pegas. Semakin besar energi pegas maka anak panah terlontar semakin jauh. Jadi, semakin besar gaya yang diberikan kepada suatu benda, energi yang terkandung pada benda juga semakin besar.

Saat ditarik, tali busur mendapatkan gaya pegas. Anak panah yang menempel pada busur mengandung energy pegas. Ketika busur dilepas, anak panah terlontar, Energi pegas pada anak panah berubah menjadi energy kinetic.

Mobil yang melaju dengan kecepatan tinggi memiliki energi kinetik yang sangat besar. Ketika mobil tersebut menabrak suatu benda, energi yang dikandungnya dapat mengakibatkan kerusakan pada benda yang ditabrak atau mobil itu sendiri.

 

Energi

Energi diartikan sebagai Ā kemampuan suatu benda dalam melakukan kerja. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara gaya dan energi. Dalam keseharian energi disebut tenaga. Energi yang dimiliki batu yang terlontar disebut energi gerak atau energi kinetik. Jadi semua benda yang bergerak memiliki energi kinetik, misal mobil melaju, orang berlari atau bola melambung. Berikut ini beberapa jenis energi yang ada di sekitar kita.

  1. Energi potensial yaitu energi yang dipengaruhi oleh gaya. Contohnya pada karet ketapel terdapat energi potensial pegas dan pada permaianan jungkat-jungkit terdapat energi potensial gravitasi
  2. Energi kinetik yaitu energi gerak. Semua benda yang sedang bergerak memiliki energi kinetik.
  3. Energi panas, yaitu energi dalam bentuk panas. Energi panas juga disebut energi kalor. Energi panas berasal dari matahari, api, ataupun benda panas lainnya.
  4. Energi kimia, yaitu energi yang timbul akibat reaksi kimia. Contohnya, energi kimia di dalam tubuh kita. Energi tersebut berasal dari pembakaran bahan makanan. Kita menggunakannya untuk bergerak. Contoh lainnya adalah energi kimia dalam bahan bakar. Energi tersebut digunakan untuk menjalankan mesin. Contohnya, mobil, motor, dan pesawat terbang.
  5. Energi listrik, yaitu energi yang dimiliki arus listrik. Energi listrik merupakan energi yang paling banyak digunakan. Energi listrik akan kalian pelajari lebih jelas di bab selanjutnya.
  6. Energi bunyi, yaitu energi yang dimiliki oleh bunyi. Kita dapat membuktikan bahwa bunyi mempunyai energi. Saat mendengar bunyi sangat keras, telinga kita menjadi sakit. Bunyi pesawat jet yang terbang rendah dapat memecahkan kaca jendela.
  7. Energi cahaya, yaitu energi yang dimiliki cahaya. Contohnya, penggunaan laser untuk memotong logam. Laser juga digunakan untuk mengiris bagian tubuh yang akan dioperasi.

Ketika mendorong meja, kita memberikan gaya. Gaya dapat berupa dorongan atau tarikan. Kita memberikan gaya pada meja agar meja bergerak. Meja dikatakan bergerak jika terjadi perubahan posisinya. Sesuatu yang menyebabkan kita menghasilkan gaya dinamakan energi.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*