Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Arah Pergeseran Kesetimbangan

Berdasarkan asas Le Chatelier :

Bila pada sistem kesetimbangan diadakan aksi, maka sistem akan mengadakan reaksi sedemikian rupa sehingga pengaruh aksi itu menjadi sekecil-kecilnya.”

1.Pengaruh Konsentrasi

  • Jika pada sistem kesetimbangan salah satu komponen ditambah, kesetimbangan akan bergeser ke arah yang berlawanan.
  • Jika pada sistem kesetimbangan salah satu komponennya dikurangi, kesetimbangan akan bergeser ke arah komponen tersebut.

2.Pengaruh Tekanan dan Volume

  • Jika tekanan diperbesar (volume diperkecil), maka kesetimbangan akan bergeser ke arah jumlah koefisien reaksi kecil.
  • Jika tekanan diperkecil (volume diperbesar), maka kesetimbangan akan bergeser ke arah jumlah koefisien reaksi besar.

3.Pengaruh Suhu

  • Apabila suhu reaksi dinaikkan (kalor bertambah), maka sistem akan menyerap kalor tersebut. Kesetimbangan akan bergeser ke arah reaksi endoterm.
  • Apabila suhu reaksi diturunkan (kalor berkurang), maka sistem akan melepaskan kalor tersebut. Kesetimbangan akan bergeser ke arah reaksi eksoterm.

4.Pengaruh Katalis

Dalam reaksi kesetimbangan, katalis tidak menggeser  kesetimbangan, katalis hanya mempercepat tercapainya  keadaan setimbang dan tidak merubah letak kesetimbangan (harga tetapan kesetimbangan, K  tetap), hal ini disebabkan katalis hanya mempercepat reaksi ke kanan dan ke kiri sama besar.

(Bandingkan 2 grafik profil konversi reaksi versus waktu reaksi yang diilustrasikan pada gambar di bawah ini. Reaksi yang menggunakan katalis jauh lebih cepat mencapai kesetimbangan dibandingkan dengan reaksi tanpa katalis).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com