IPS  

IPS kelas 4 : Penggolongan Sumber Daya Alam

Sumber daya alam (SDA) adalah segala sesuatu yang ada di alam dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Kebutuhan manusia sangat bervariasi, seperti makanan, pakaian, rumah, alat elektronik, dan liburan. Hal ini membuat manusia sangat bergantung pada alam.

Berdasarkan ketersediaannya, sumber daya alam dibagi menjadi dua jenis, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui

Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang dapat dihasilkan kembali melalui kegiatan pelestarian. Sumber daya alam yang dapat diperbarui dibagi menjadi dua, yaitu sebagai berikut.

  • Sumber daya alam hayati, sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup. Ciri-ciri makhluk hidup antara lain adalah memiliki kemampuan untuk tumbuh, bergerak, berkembang biak, bernafas, serta membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Contohnya hewan dan tumbuhan. Usaha pelestarian yang dapat dilakukan misalnya melakukan sistem tebang pilih, reboisasi (penanaman kembali), membuat penangkaran, hutan lindung, cagar alam, dan suaka margasatwa.
  • Sumber daya alam nonhayati, yaitu sumber daya alam berupa benda tak hidup. Sumber daya alam nonhayati memiliki ciri ciri ; merupakan benda tak hidup, berasal dari alam, merupakam Sumber Daya Alam tidak dapat diperbarui. Namun mampu menghasilkan energi. Contohnya tanah, air, udara, dan sinar matahari. Usaha pelestarian yang — dapat dilakukan adalah menghemat penggunaan | air, melakukan kegiatan penghijauan, serta tidak membuang limbah ke tanah maupun ke saluran air.

 

Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang tidak dapat dihasilkan kembali jika telah habis dimanfaatkan oleh manusia. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui dibagi menjadi tiga, yaitu sebagai berikut.

  • Sumber daya alam energi, contohnya minyak bumi, gas alam, dan batu bara.
  • Sumber daya alam mineral logam, contohnya besi, nikel, seng, timah, emas, dan perak.
  • Sumber daya alam mineral nonlogam, contohnya belerang, batu kapur, granit, asbes, marmer, dan pasir kuarsa.

Oleh karena sifatnya yang tidak dapat diperbarui, kita harus menghemat dalam pemanfaatannya. Salah satu contoh sikap menghemat penggunaan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah memanfaatkannya dengan bijaksana.

Walaupun tidak dapat membuatnya kembali, namun” manusia dapat mengolah kembali sumber daya alam jenis ini menjadi benda lain yang bermanfaat. Misalny? besi tua dapat diolah menjadi pagar atau kursi.

Untuk lebih jelasnya tentang Penggolongan sumber daya alam, bisa simak video berikut ini;

 

 

Bagi yang membutuhkan PPT dapat mendownload dibawah ini

File PPT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com