Mengenal Media Penyimpan Data

No comment 1072 views

 

 

Media penyimpan data banyak sekali manfaatnya anatara lain:

  • Menyimpan salinan informasi yang penting
  • memindahkan data dari satu komputer ke komputer lain
  • menyimpan informasi dan program yang tidak terlalu sering digunakan
  • membuat salinan informasi untuk orang lain
  • melindungi informasi yang tidak ingin orang lain melihatnya

Ukuran untuk menyatakan besaran data adalah Byte. Berikut ini macam-macam media penyimpan data :

Punched Card, paper tape dan magnetic Tape

Media ini ukurannya sangat besar dan kapasitas penyimpanannya sangat kecil. Akses datanya sangat lambat dan kurang efisien.

Hardisk

Hampir semua komputer menggunakan hardisk untuk media penyimpanan data. Seiring perkembangan teknologi, hardisk mempunyai ukuran besar. saat ini mencapai 3 terra byte.

Optical Disk

Jenis Optical disk yang umum adalah CD (Compact Disk) dan DVD (Digital Video Disk). DVD lebih banyak digunakan karena kapasitasnya yang cukup besar dibanding CD. DVD kapasitasnya 4,7 Gb, sedangkan Kapasitas CD 700 Mb. CD/DVD merupakan media penyimpanan yang bersifat permanen. Data yang telah diisikan tidak dapat dihapus. Kecuali jika menggunakan CD-RW atau DVD-RW. Untuk menuliskan data pada CD, kita membutuhkan alat yang bernama CD/DVD writer.

Floppy Disk

Floppy disk biasa disebut juga dengan disket. Alat yang digunakan untuk membaca data yang ada pada disket disebut Floppy Disk Drive. Kapasitas penyimpanan disket sangat kecil hanya 1,44 MB. Sehingga tidak digunakan lagi.

USB Flash Disk

Flash disk sangat efisien. Sekarang Flashdisk banyak dijumpai, harganya pun relatif terjangkau dan kapasitasnya cukup besar. Mulai dari 1GB dan sekarang sudah ada yang berkapasitas 1 terabyte.

Demikian sedikit informasi berkaitan dengan media penyimpanan data.

 

 

author
No Response

Leave a reply "Mengenal Media Penyimpan Data"