Perbedaan Gagasan utama dengan Kalimat utama

Gagasan utama (pokok) adalah gagasan atau ide yang menjadi tema dari paragraf tersebut, sedangkan kalimat utama (Pokok) adalah kalimat yang menjadi pokok bahasan dalam paragraf.

– kalimat utama yaitu kalimat yang menjabarkan gagasan utama.

– kalimat utama berada di awal atau akhir paragraf.

– gagasan utama diperoleh dari membaca keseluruhan paragraf, karena gagasan utama dapat berada di awal paragraf,  diakhir paragraf, dan Berada di Awal dan di Akhir

Kalimat utama ada 3 Jenis yaitu;

  1. Kalimat Utama Berada di Awal (Deduktif)
  2. Kalimat Utama Berada di Akhir (Induktif)
  3. Kalimat Utama Berada di Awal dan di Akhir (Campuran)

Contoh Menentukan Kalimat Utama dan gagasan utama;

Virus korona atau yang biasa disebut dengan COVID-19 adalah salah satu virus mematikan yang menyerang sistem pernapasan. Begitu mematikannya, virus ini menyerang manusia pada berbagai kalangan, mulai dari balita, remaja, orang dewasa, hingga lansia. Selain itu, virus ini juga dapat menimbulkan infeksi saluran pernapasan, seperti pneumonia.  Terlebih, penyebaran virus ini sangat cepat sehingga pada tanggal 11 Maret 2020 WHO resmi menetapkan bahwa virus korona sebagai pandemi global.

Kalimat utama paragraf tersebut adalah  “Virus korona atau yang biasa disebut dengan COVID-19 adalah salah satu virus mematikan yang menyerang sistem pernapasan,”

gagasan utamanya adalah virus korona merupakan virus yang mematikan yang menyerang sistem pernapasan.

 

Bacalah teks berikut.

Teknologi Pangan

Kebutuhan pangan merupakan kebutuhan pokok manusia. Setiap hari, kita memerlukan bahan pangan. Bahan pangan artinya bahan makanan. Bahan pangan diperoleh dad produk-produk tumbuhan dan hewan. Tumbuhan dan hewan dibudidayakan sehingga dapat menghasilkan produk yang bermanfaat bagi manusia.

Produk yang dihasilkan dari tumbuhan merupakan produk pertanian dan gerkebunan. Misalnya, padi, jagung, singkong, kedelai, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Hasil pertanian dan perkebunan itu diperlukan manusia setiap hare sebagai bahan pangan.

Produk yang dihasilkan dari hewan merupakan produk peternakan dan perikanan. Hewan-hewan yang dipelihara di peternakan, misalnya sapi, kambing, dan ayam. Sapi, kambing, dan ayam dimanfaatkan dagingnya sebagai bahan pangan. Selain produk peternakan, kita juga mengenal produk perikanan. Berbagai macam ikan, misalnya ikan tenggiri, ikan bawal ikan ,  kerapu, kembung merupakan bahan pangan yang sangat bermanfaat bagi manusia. selain itu, ada juga hasil laut berupa udang dan cumi.

Bahan pangan yang berasal dari hewan dan tumbuhan merupakan produk yang tidak tahan lama. Bahan pangan itu dapat membusuk. Bahan pangan yang sudah membusuk tidak bisa dimanfaatkan lagi. Oleh karena itu, perlu sebuah usaha untuk mengolah bahan pangan tersebut agar Iebih tahan lama.

Pengolahan bahan pangan membutuhkan teknologi disebut dengan teknologi pangan. Perkembangan ilmu pengetahuan mendorong berkembangnya teknologi pangan. Teknologi pangan bermanfaat untuk menghasilkan makanan baru yang lebih tahan lama. Contoh teknologi pangan adalah pengeringan, pengawetan, dan Rengalengan bahan pangan.

 

Dari bacaan diatas silahkan cari Gagasan utama atau Gagasan pokoknya dalam setiap paragraf!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*