Pengaruh Potensi Sumber Daya Alam terhadap Mata Pencaharian Masyarakat

Sumber daya alam yang berlimpah dan beragam mempengaruhi mata pencarian yang ada di masyarakat. berikut ini berbagai mata pencarian yang ada di masyarakat sesuai wilayahnya;

Mata Pencarian di Dataran Rendah

Petani

Sebagaian besar mata pencarian masyarakat di Indonesia adalah Petani, terutama petani padi. Selain padi, tumbuhan yang cocok ditanam di dataran rendah antara lain jagung, Kangkung, bayam, cabai, dan tobat. Kegiatan petani ini termasuk kegiatan produksi yang menghasilkan barang.

Pedagang

Selain petani, mata pencarian didaerah dataran rendah adalah sebagai pedagang. Misalnya pedagang pakaian, makanan dan minuman serta bahan bangunan. Ada pedagang kaki lima hingga pedagang besar. Kegiatan para pedagang besar. Kegiatan para pedagang ini termasuk kegiatan distribusi.

Pengrajin

Para pengrajin mebel juga banyak terdapat didataran rendah. Biasanya, mereka mengolah hasil hutan dari daerah sekitar atau mendatagkannya dari luar kota. Barang-barang yang dihasilkan oleh pengrajin diantaranya lemari, kursi, tempattidur, meja, dan hiasan (patung, asbak, gantungan kunci serta bingkai foto).

Mata Pencarian di Daratan Tinggi

Peternak

Peternak hewan banyak terdapat didaerah dataran tinggi karena memiliki udara yang sejuk. Contoh; peternak sapi, kuda, ayam, dan domba. Para peternak biasanya menjual hasil hasil ternaknya kepada pengelola hasil peternakan. Misalnya susu, telur, dan daging dijual ke pedagang bahan makanan. Kulit sapi dan rambut domba dijual ke pembuat pakaian dan aksesori.

Petani kebun

Petani kebun seperti teh, cengkih, dan pala banyak dijumpai didaerah daratan tinggi. Hal ini karena tanaman tersebut cocok di tanam didaerah sejuk. hasil kebun tersebut kemudian didistribusikan kepada pengolah hasil perkebunan. misalnya; teh dijual ke pembuat bahan minuman dan pala dijual ke pedagang bahan makanan.

Mata Pencarian di Perkotaan

Perkotaan merupakan pusat aktivitas ekonomi, dengan kegiatan yang lebih bervariasi dan modern. hal ini memengaruhi banyknya mata pencarian diperkotaan. Mata pencarian tersebut antara lain pekerja swasta (pagawai bank, editor, satpam, sales), pegawai pemerintah (guru, pegawai kelurahan, lurah), atau wiraswasta (pegadang keliling, bengkel).

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*