Sikap terhadap Keragaman Budaya di Indonesia

Keragaman budaya merupakan kekayaan bangsa Indonesia. Kita harus bangga atas keragaman budaya yang ada diIndonesia. Keragaman budaya daerah menghasilkan budaya nasional. Budaya nasional merupakan identitas bangsa Indonesia yang membedakannya dengan budaya yang lain.

Selain bangga, kita harsu saling menghormati, menghargai, dan melestarikan budaya dari suku bangsa daerah lain. Begitu juga sebaliknya, kita tidak boleh menganggap bahwa budaya dari suku bangsa sendiri yang paling baik. Oleh karena itu, kita harus melestarikan budaya daerah lain agar budaya nasional tetap terjaga.

Selain melestarikan budaya daerah, kita juga harus menghormati keragaman budaya yang ada. Tujuannya agar kebudayaan bangsa Indonesia tetap lestari. Melestarikan kebudayaan nasional harus melaksanakan dengan penuh kesadaran dari diri sendiri dan tanpa paksaan. Dengan demikian, keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia dapat menjadi pemersatu bangsa. Cara menghormati keragaman budaya daerah antara lain;

  • Menyukai pertunjukan budaya daerah lain. misalnya Adi berasal dari suku padang, namun dia menyukai pertunjukan ondel-ondel yang berasal dari Suku Betawi.
  • Memuji keindahan tarian daerah lain. misalnya; Nino berasal dari suku Sunda, namunia memuji tarian daerah suku jawa yang dibawakan oleh Lisa dalam sebuah pentas tari di sekolah.
  • Mengoleksi dan merawat kain atau pakaian tradisional daerah lain. Misalnya; RIa berasal dari suku Batak, namun Ria sangat menyukai kain Bali. Ia mengoleksi dan merawatnya dengan baik.
  • Mempelajari budaya daerah lain. Misalnya, Deni berasal dari suku asmat, namun ia sangat menyukai batik Yogyakarta. Oleh karena itu, ia mempelajari cara membatik.

Selain berteman dengan orang yang satu bangsa, kamu juga dapat berteman dengan orang dari bangsa lain. Oleh karena itu, perlu dilakukan penyaringan kebudayaan asing yang masuk. Jika budaya asing tersebut baik, boleh kamu tiru. Namun, Jika tidak baik atau tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia, Wajib kamu tolak.

Berikut ini ada sebuah pertanyaan yang dapat membuka wawasan kita ;

Batik merupakan salah satu hasil kebudayaan bangsa Indonesia. Namun, batik sempat diakui sebagai hasil budaya negara tetangga. Hal ini sempat membuat cemas masyarakat dan pemerintah Indonesia. Salah satu faktor penyebab terjadinya hal tersebut adalah masih kurangnya kesadaran masyarakat Indonesia untuk menjaga kelestarian batik. Banyak masyarakat yang lebih tertarik dengan budaya asing, khususnya dalam hal berpakaian.

  1. Apa pendapatmu terhadap masalah tersebut?
  2. Setujukah kamu dengan pernyataan bahwa banyak masyarakat Indonesiayang lebih tertarik dengan budaya asing, Khususnya dalam hal berpakaian? Jelaskan?
  3. Apa yang sebaiknya kamu lakukan sebagai penerus bangsa terhadap budaya asli Indonesia? Berikan contohnya

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*