Variasi Gerak Dasar Lokomotor Pada Permainan Sepak Bola

Setiap hari kamu pasti melakukan gerak berjalan, berlari, dan meloncat. tahukah kamu, bahwa gerakan tersebut termasuk gerak lokomotor? Setiap gerakan yang ditandai dengan berpindah tempat disebut gerak lokomotor. Kemampuan lokomotor digunakan untuk memindahkan tubuh dari satu tempat ke tempat lain. misalnya berjalan atau berlari.

Pada kesempatan kali ini kalian akan belajar gerak lokomotor pada permainan sepak bola. Permainan ini mudah dilakukan dengan temanmu. Supaya dapat bermain sepak bola dengan baik, kamu harus menguasai gerak lokomotor. Gerakan lokomotor dapat dilakukan dengan cara latihan secara rutin. Gerakan lokomotor dapat mendukung permainan sepak bola menjadi lebih baik. Apabila gerak lokomotor tidak dikuasai, permainan sepak bola dan aktivitas olahraga lainnya tidak maksimal. Kalian perlu menguasai beberapa keterampilan lokomotor. diantaranya berlari, berjalan, melompat, meloncat, dan menggiring bola.

Berlari

Kapankah kamu melakukan gerakan berlari? Saat berlari, tubuhmu akan berpindah tempat, berlari dapat kamu lakukan dengan cara melangkahkan kaki sejauh mungkin ke depan. Condongkanlah badan sedikit ke depan dengan lengan berada disamping badan. sebagian besar bahkan secara keseluruhan, permainan sepak bola dilakukan dengan berlari.

Dalam permainan sepak bola, berlari dapat membantu menyerang dan mempertahankan bola dengan baik. Misalnya, pemain penyerang yang menerima umpan-umpan untuk dimasukkan ke gawang lawan. Dia harus berlari dengan cepat sambil membawa bola atau berhadapan dengan lawan.

Berjalan

Pernahkah kamu melihat pemain sepak bola berjalan? Pemain sepak bola tidak terus menerus berlari. Untuk menghemat tenaga, ada saatnya pemain berjalan. hal ini misalnya daerah ketika daerah yang dijaganya aman aman dari serangan lawan. Kamu dapat melakukan gerakan berjalan dengan cara berikut;

  • Selalu mengangkat kaki ketika melangkah dan tidak menyeret telapak kaki
  • Kepala tegak dan pandangan lurus ke depan sambil memperhatikan bola.

Berjalan merupakan salah satu gerak lokomotor. Yakni memindahkan tubuh dari satu tempat ke tempat lain dengan cara melangkah.

Melompat

Kapankah pemain sepak bola melakukan gerakan melompat? Melompat dalam permainan sepak bola dapat dilakukan oleh setiap pemain. Misalnya penjaga gawang melompat untuk menagkap bola yang melambung.

Bagi pemain lain, melompat digunakan untuk menyundul bola atau merebut bola lambung dari lawan. Melompat dilakukan dengan menolakkan salah satu kaki yang paling kuat ke atas.

Meloncat

Sama halnya dengan melompat, meloncat juga harus dikuasai oleh setiap pemain. Melompat dan meloncat merupakan gerakan yang berbeda. Melompat dilakukan dengan salahs atu kaki. Sedangkan meloncat dilakukan dengan kedua kaki. Gerakan meloncat oleh pemain sepak bola misalnya penjaga gawang saat melakukan penangkapan bola.

Menggiirng Bola

Pemain sepak bola lebih sering menggiring bola untuk memasukkan ke gawang lawan. Menggiring bola termasuk dalam gerakan lokomotor. Menggiring bola dalam sepak bola dapat dilakukan dengan cara berikut;

  • Bola harus selalu dekat dengan kaki supaya mudah dikontrol
  • Bola tidak boleh jauh dari kaki supaya mudah dilindungi dari lawan
  • Pandangan tidak hanya pada bola tetapi juga gerakan lawan.
  • Menggiring bola dapat dilakukan dengan kaki kanan maupun kaki kiri.

demikian penjelasan tentang gerakan lokomotor pada permainan sepak bola, semoga dengan penjelsan ini dapat membantu siswa dalam memahami tentang gerakan-gerakan yang ada dalam permaianan sepak bola.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*