Tumpukan Atom dan Memetakan Unsur-Unsur

Segala sesuatu yang ada dibumi terdiri dari sejumlah atom. Atom adalah bagian terkecil dari setiap unsur. Atom-atom setiap unsur tidak sama. Jika kamu mengumpulkan semua elektron dalam setiap unsur, lalu menjumlahkannya, kamu akan mendapatkan berbgai nomor/bilangan atom.

Setiap atom memiliki titik pusat atau inti atau nukleus, yang terdiri dari beberapa netron dan proton. Ada bagian atom yang mempunyai muatan listrik. proton yang terdapat dalam inti/nukleus mempunyai muatan lsitrik positif, sedangkan netron tidak bermuatan (netral). Ada lagi bagian-bagian yang lebih kecil, yang berputar mengelilingi inti, dinamakan elektron. Elektron mempunyai muatan listrik negatif. Muatan listrik positif proton dan muatan negatif elektronlah yang membuat atom lengkap dan utuh.

Agar dapat memahaminya lebih baik, kita dapat menganggap inti sebagai bola dan elektron-elektron sebagai bola-bola lebih kecil yang berputar mengelilinginya. para ahli kimia kadang-kadang menamakan lintasan yang dilalui elektron mengelilingi inti sebagai kulit. Lebih baik lagi, anggaplah inti atom sebagai matahari dan elektron-elekron mengelilingi atau mengorbitnya, seperti planet-planetnya. planet-planet yang mengorbit ditarik oleh matahari, seperti halnya elektron yang ditarik oleh inti atom.

Memetakan unsur-unsur

Sebuah daftar/tabel yang disebut daftar periode Unsur dapat membantumu memahami kimia atom lebih baik. Tabel unsur pertama, disusun oleh ahli kimia rusia, bernama Dmitri Ivanovich Mendeleyev pada tahun 1869. Ia mengosongkan beberapa tempat dalam daftar tersebut, sehingga bila ditemukan unsur baru, dapat ditempatkan dalam daftar. Dalam daftar versi terbaru (daftar Periodik unsur), tujuh baris, bernomor disebelah kiri dan berurut ke sebelah bawah, dinamakan periode menunjukkan jumlah lintasan, periode II mempunyai tiga lintasan, dan seterusnya.

Unsur-unsur yang berada pada golongan yang sama (nomor diatas dan berurut diseblah kanan), memiliki jumlah elektron valensi yang sama. Elektron valensi adalah elektron yang terdapat pada kulit terluar atom.

Setiap unsur dalam daftar mempunyai satu bilangan (nomor atom) dan lambang huruf, disamping berat atom. temukan oksigen dalam daftar (periode 2, kolom 16/6A). Nomor atom oksigen adalah delapan. Bilangan itu menunjukkan bahwa ada delapan proton dalam inti atom tersebut. perhatikan angka-angka dua dan enam disudut kanan atas kotak. Bila dijumlahkan, menjadi delapan. Angka-angka itu, satu diatas yang lain, menunjukkan jumlah elektron dalam orbit (lintasan) pertama (2) dan dalam lintasan kedua (6). Jumlah elektron yang mengitari inti atom sama dengan jumlah proton didalam intinya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*