Meningkatkan Daya tahan Tubuh

Daya tahan tubuh sangat diperlukan agar tubuh tetap dalam keadaan segar dan bugar. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh maka perlu dilakukan latihan yang terarah. Berikut ini beberapa latihan yang dapatmeningkatkan daya tahan tubuh;

Lari Mengelilingi Lapangan

Langkah-langkahnya ;

  • Lari keliling lapanagan dengan tempo lambat kemudian cepat dalam waktu yang relatif lama
  • lari keliling lapangan sebanyak 5 kalu, kemudian istirahat, dan lanjutkan berlari lagi mengelilingi lapangan sebanyak 3 kali.
  • latihan ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

 

Gerakan Lompat tali

Lompat tali dilakukan secara beregu . Dua orang mengayun tali dan satu orang melompat tali. lakukan latihan lompat tali secara bergantian. latihan lompat tali ini untuk menguatkan otot-otot kaki. Selain itu, latihan lompat tali juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

 

Gerak naik Turun Bangku

Sebelum melakukan latihan naik turun bangku, kita harus menyiapkan bangku kecil. Tinggi bangku sekitar 10-20 cm, Gerakannya adalah naik dan turun bangku secara berulang-ulang. Latihan ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

 

Sebenarnya masih banyak gerkan yang bisa dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, diatas merupakan beberpa contoh yang dapat menjadi referensi. Contoh gerakan-gerakan lainnya yang dapat dilakukan oleh orang dewasa;

Sit Up

Sit up merupakan salah satu latihan fisik yang cukup populer di kalangan banyak orang. Sebab. Sit up dapat dilakukan tanpa pengawasan instruktur kebugaran meskipun Anda masih tergolong pemula. Cara latihan fisik yang satu ini pun juga cukup mudah. Anda hanya perlu terlentang sembari sesekali menarik otot perut hingga dada Anda dapat mendekap lutut. Turunkan kembali tubuh di atas matras dan ulangi hingga mencapai target maksimal Anda.

Plank

Selain sit up, latihan fisik lain yang cukup mudah untuk dilakukan adalah dengan melakukan gerakan plank. Caranya, atur tubuh agar dalam posisi tengkurap. Selanjutnya, biarkan lengan bagian bawah dan jari kaki menjadi tumpuan utama tubuh.

Bench Press

melakukan bench press atau mengangkat barbel dengan posisi tubuh yang tengah berbaring. Latihan fisik yang satu ini tidak lain untuk melatih kekuatan otot bahu, lengan, dan dada.

Biasanya, latihan fisik ini dilakukan di pusat kebugaran. Bagi pemula, bench press pada umumnya dibantu oleh instruktur kebugaran terlebih dahulu. Namun, tak ada salahnya pula untuk melakukannya di rumah apabila Anda memiliki alat dan perlengkapannya yang aman.

Pull Up

Pull up merupakan jenis latihan fisik yang juga banyak dilakukan oleh prajurit militer. Latihan ini dilakukan dengan bergantung pada tiang yang diletakkan secara horizontal.Secara umum, pull up memang dilakukan untuk melatih kekuatan tubuh pada bagian tertentu seperti lengan, tangan, perut, hingga bahu. Semakin rutin latihan fisik yang satu ini, maka kekuatan tubuh bagian atas Anda akan semakin meningkat.

Selain melakukan berbagai macam gerakan olahraga diatas,perlunya pengaturan pola makan yang teratur dan jadwal olaharaga yang tetap atau intens artinya olahraga harus secara teratur misal seminggu berolahraga 3 kali selama 2 jam.

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*