Membuat Video Pembelajaran saat Daring dengan Cepat dan Mudah

Halo rekan-rekan saat ini saya akan membahas berkenaan dengan Solusi membuat video pembelajaran Daring dimasa pandemi. Setahun lalu disaat pandemi mulai merebak di Indonesia, banyak hal yang harus dirubah secara total dalam hal mengatasi situasi yang harus memaksa orang untuk berkegiatan dirumah. Salah satunya didunia Pendidikan, seluruh siswa harus belajar dirumah secara Daring.

Pada kesempatan ini sebelum masuk dalam pembuatan video pembelajaran, saya akan jelaskan sedikit mengenai apa itu daring dan luring.

pembelajaran luring dapat diartikan sebagai bentuk pembelajaran yang sama sekali tidak dalam kondisi terhubung jaringan internet maupun intranet. Sistem pembelajaran luring (luar jaringan) artinya pembelajaran dengan memakai media, seperti televisi dan radio. Jika peserta didik menulis artikel atau mengerjakan tugas di Microsoft Word dan tidak menyambungkannya dengan jaringan internet, maka itu adalah contoh aktivitas luring dan Jika siswa melakukan offline conference dengan bertemu secara langsung tanpa menggunakan internet, hal itu adalah contoh aktivitas luring. Istilah luringadalah kepanjangan dari “luar jaringan” sebagai pengganti kata offline. Kata “luring” merupakan lawan kata dari “daring”.

Pembelajaran daring artinya adalah pembelajaran yang dilakukan secara online, menggunakan aplikasi pembelajaran maupun jejaring sosial. Daring merupakan singkatan dari “dalam jaringan” sebagai pengganti kata online yang sering kita gunakan dalam kaitannya dengan teknologi internet. Daring adalah terjemahan dari istilah online yang bermakna tersambung ke dalam jaringan internet.Segala bentuk materi pelajaran didistribusikan secara online, komunikasi juga dilakukan secara online, dan tes juga dilaksanakan secara online. Sistem pembelajaran melalui daring ini dibantu dengan beberapa aplikasi, seperti Google Classroom, Google Meet, Edmudo dan Zoom.

Pada penerapan daring yang saya lakukan sendiri aplikasi yang saya gunakan adalah Google classroom, Youtube, zoom meeting, quziz, Power Point, Website dan masih banyak lagi.

Kalau boleh dibilang sebenarnya melaksanakan pembelajaran daring juga memerlukan waktu lebih karena banyak sekali yang harus dipersiapkan dalam menyiapkan materi. Kali ini saya akan coba berbagi trik membuat video pembelajaran daring secara cepat dengan hasil yang maksimal dan memiliki kapasitas yang kecil. Pengalaman saya dalam membuat video pembelajaran yang saya gunakan aplikasinya adalah

  • Power Point
  • bandicam
  • Youtube

Akan saya bahas alur dalam pembuatan video pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi diatas. Langkah yang pertama silahkan rekan-rekan meringkas materi yang akan diajarkan ke siswa kemudian silahkan dibuat dengan Aplikais Power Point. Saya rasa rekan-rekan sudah tidak asing dengan Power point. silahkan buat dengan semenarik mungkin dengan menambahkan animation, transition, dan design yang menarik agar siswa tidak bosan saat menonton video pembelajarannya. Setelah selesai membuat Power Point silahkan siapkan aplikasi yang namanya bandicam, bandicam adalah aplikasi untuk merekam layar. Aplikasi ini dapat digunakan untuk merekam Materi yang dibuat dengan power point saat dijalankan. kita juga dapat menampilkan wajah kita saat menjelaskan materi tersebut, setelah saya analisa aplikasi ini cukup simple dan mudah dalam penggunaannya. setelah jadi rekaman videonya bisa langsung dishare ke murid, bisa juga diupload terlebih dahulu di youtube.

dibawah ini contoh video pembelajaran yang saya buat :

kemudian dibawah ini adalah video saat pembelajaran menggunkan aplikasi Zoom meeting

Nah untuk rekan-rekan yang masih bingung dalam pembuatan videonya seperti apa, tunggu postingan berikutnya akan saya posting cara instal dan penggunaan aplikasi bandicam, terima kasih selamat mencoba.

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*