Soal Ujian Sekolah Sejarah Indonesia

Pada tahun pelajaran 2020-2021 ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan instruksi khusus pesyaratan kelulusan peserta didik pada jenjang akhir sekolah. Hal ini tercantum dalam Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021. Dalam surat edaran tersebut, disebutkan bahwa Ujian Nasional untuk tahun pelajaran 2020-2021 ditiadakan. Dalam surat edaran tersebut, peserta didik dinyatakan lulus jika :

a. menyelesaikan program pembelajaran di masa pandemi COVID-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester,
b. memperoleh nilai sikap/ perilaku minimal baik, dan
c. mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

Ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan sebagaimana dimaksud huruf c di atas, dapat dilaksanakan dalam bentuk:
a. portofolio berupa evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap/perilaku, dan prestasi yang diperoleh sebelumnya (penghargaan, hasil perlombaan, dan sebagainya),
b. penugasan,
c. tes secara luring atau daring, dan/atau
d. bentuk kegiatan penilaian lain yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.

Sebagian besar sekolah masih mengadakan tes secara luring ataupun daring sebagai salah satu syarat kelulusan peserta didik. Tes yang dilakukan biasanya berupa tes tertulis untuk aspek kognitif dan praktik untuk aspek psikomotor. Untuk tes tertulis , materi yang harus dipersiapkan peserta didik adalah materi yang didapatkan selama belajar di SMA.

 

Pada kesempatan ini, kami akan membagikan contoh soal ujian sekolah yang dapat rekan – rekan pendidik maupun peserta didik gunakan sebagai bahan pembelajaran mempersiapkan ujian sekolah. Soal yang dapat rekan – rekan unduh di bawah ini adalah contoh soal ujian sekolah untuk mata pelajaran sejarah Indonesia :

 

Soal Ujian Sekolah Sejarah Indonesia

 

Ujian sekolah menjadi penanda berakhirnya proses kegiatan belajar peserta didik selama SMA. Lulus atau tidaknya peserta didik diputuskan oleh sekolah dengan pertimbangan nilai raport dan ujian sekolah. Keputusan lulus atau tidaknya peserta didik menjadi hak sekolah karena Ujian Nasional yang diselenggarakan oleh negara sudah ditiadakan selama dua tahun pelajaran ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*