Energi Alternatif

Saat ini energi yang paling banyak digunakan adalah minyak bumi dan batu bara. Kita sangat tergantung pada minyak bumi untuk transportasi. Kita juga sangat tergantung pad minyak bumi dan batu bara untuk pembangkit listrik, industri dan lain-lain. padahal minyak bumi dan batu bara termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan suatu saat pasti akan habis. Karena jumlahnya yang terbatas. Kita harus mulai mencari sumber lain atau alternatif yang dapat digunakan untuk menggantikan minyak bumi dan abtu bara. Berikut ini beberapa contoh energi alternatif:

Cahaya Matahari

Cahaya matahari dapat dirubah menjadi energi listrik dengan peralatan yang disebut Solar cell atau panel surya. Energi dari panel surya biasa dipakai untuk Pemanas air, lampu jalan, kalkulator dan lain-lain. Cahaya matahari merupakan sumber energi yang ramah lingkungan, karena tidak menimbulkan limbah. namun saat ini belum banyak yang menggunakan panel surya karena biayanya yang cukup mahal.

Air

Air yang mengalir memiliki energi kinetik yang dapat menggerakan generator listrik, sehingga dapat dijadikan sebagai energi alternatif.

Angin

Kincir angin dapat menggerakan generator yang dapat menghasilkan listrik, sehingga air dapat dipakai sebagai sumber energi alternatif. Sumber energi ini tidak menimbulkan limbah.

Biogas

Kotoran Hewan bisa digunakan untuk memasak sebagai pengganti gas Liquid Petroleum Gas atau LPG. Kotoran hewan yang digunakan sebagai biogas terutama adalah kotoran sapi, karena banyak mengandung metan (gas untuk pembakaran). Sumber energi ini juga ramah lingkungan karena limbah kotoran dapat digunakan lagi sebagai pupuk pertanian.

Biodiesel

Biodiesel diperoleh dari tumbuhan-tumbuhan yang diproses secara khusus.

Panas Bumi

Energi panas bumi di Indonesia sangat melimpah, namun belum bisa dimanfaatkan secara optimal karena pengelolaannya membutuhkan biaya mahal.

Nuklir

Energi nuklir adalah energi yang diperoleh dari reaksi dari fisi (pembelahan atom). Energiyang dihasilkan sangat besar. Akan tetapi akibat dari reaksi yang ditimbulkan sangat berbahaya yaitu adanya efek radiasi yang bisa berakibat buruk terhadap kesehatan makhluk hidup dan adanya limbah radioaktif. Karena itu tidak boleh ada kesalahan sedikitpun dalam prosesnya. Kesalahan yang sangat kecil dapat mengakibatkan efek yang sangat berbahaya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*