Gaya

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering melakukan kegiatan dengan menggunakan gaya, misalnya ketika membuka dan menutup pintu, mengendari sepeda, dan mendorong meja. Mengapa dengan melakukan kegiatan-kegiatan tersebut berarti kita telah menghasilkan gaya?

Tahukah kalian apa itu gaya?

Pengertian Gaya

Ada banyak kegiatan kita dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan gaya. Ketika kita membuka dan menutup pintu, mengendari sepeda, dan mendorong meja berati kita telah menghasilkan gaya. Perhatikan gambar berikut!

Menarik dan mendoorong mobil dapat dikatakntelah melakukan gaya. Gaya yang dilakukan pada mobil membuat mobil bergerak dan berpindha tempat. Tahukah kamu kegiatan-kegiatan lain yang juga berhubungan dengan gaya?

Gaya adalah suatu besaran yang menyebabkan benda bergerak. Gaya dapat berupa tarikan atau dorongan. Menarik dan mendorong suatu benda berarti memberikan gaya pada benda tersebut.

Gaya tidak dapat dilihat tetapi dapat dirasakan pengaruhnya. Besar gaya dapat diukur dengan alat bernama dinamometer. Satuan gaya dinyatakan dalam Newton (N)).

Macam-macam Gaya

Kalian sudah tahu bahwa gaya berupa dorongan atau tarikan. Bila kita memberikan dorongan atau tarikan kita berarti gaya. Ada berbagai macam kegiatan yang memanfaatkan gaya. Contoh gaya yang dihasilkan dari dorongan adalah ketika kita mendorong meja dan mendorong gerobak. Contoh gaya yang dihasilkan dari tarikan adalah menarik gerobak, mencabut rumput, membuka pintu kulkas, dan tarik tambang.. Bagaimana dorongan dan tarikan dapat bergerak menjauhi kita, sedangkan benda yang ditarik akan bergerak mendekati kita.

Kalian tentu pernah berlari, gaya apakah yang bekerja saat dalam tubuhmu sehingga kamu bisa berlari? Saat kamu berlari, maka yang bekerja adalah gaya yang dihasilkan tenaga otot. Gaya yang dihasilkan oleh tenaga otot disebut gaya otot.

Untuk mengenal lebih lanjut mengenai macam-macam gaya, marilah kita bahas satu per satu!Tarikan dan dorongan dapat dihasilkan dari otot; gesekan dua benda yang bersentuhan, grafitasi bumi, dll. yang kemudian disebut sebagai jenis-jenis gaya.

Jenis-Jenis gaya :

  1. Gaya Otot
  2. Gaya Gesek
  3. Gaya grafitasi
  4. Gaya Pegas
  5. Gaya Magnet
  6. Gaya listrik

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*