Cara Memelihara Hewan

Adakah diantara anda yeng senang memelihara hewan di rumah? Memelihara hewan dapat menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan. Anda tentu tidak mau jika hewan peliharaanmu sakit. Anda juga tidak mau tertular penyakit hewan tersebut. nah, mari kita pelajari berbagai cara memelihara hewan dengan benar.

Memberi makanan dan minum yang sehat

Seperti manusia, hewan juga membutuhkan makanan yang cukup agar bisa hidup sehat. Berilah makanan yang sesuai dengan hewanmu. Misalnya; kucing dan anjing memakan daging. Kambing dan kelinci memakan daun-daunan. Ayam dapat memakan berbagai jenis makanan. Burung memakan jagung, semut ulat atau buah-buahan.

Menjaga Kebersihan tubuh hewan

Hewan yang berambut dan berbulu mudah sekali dihinggapi kutu. Jangan lupa untuk memandikan hewan agar terbebas dari kutu. Ketahuilah bahwa kutu dapat berpindah ke tubuhmu.

Membuat Kandang hewan

Berbagai hewan memerlukan kandang. Memang ada beberapa hewan yang tidak perlu kandang khusus, misalnya kucing. Hewan -hewan tertentu perlu tempat tinggal khusus, misalnya; ayam, ikan, dan kura-kura.

Membersihkan Kandang

Kandang hewan sering dibersihkan. Kotoran hewan bisa bertumpuk dan menjadi sangat bau. Kotorannya dapat menjadi pupuk. kolam atau akuarium juga perlu dikuras. Gunakan sarung tangan karet dan penutup hidung dan mulut saat membersihkan. Hal itu bisa mencegah timbulnya penyakit yang dapat ditularkan ke manusia melalui kotoran hewan.

Menyemprotkan disinfektan

 

Untuk kandang ayam, perlu sekali disemprotkan dengan disinfektan agar terhindar dari penyakit menular, misalnya flu burung. Flu burung disebabkan oleh virus H5N1 yang dapat menyerang manusia. Jika unggas terjangkiti flu burung, maka dalam waktu satu atau dua hari unggas mati. Biasanya flu burung dengan cepat menyebar di antara unggas lain sehingga bisa menyebabkan kematian massal unggas.

Memberikan Vaksinasi

Tujuan Vaksinasi adalah memberikan kekebalan tubuh hewan terhadap penyakit.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*