Sifat dan Kepribadian Berdasarkan Golongan Darah

No comment 967 views

Selamat siang rekan-rekan pembaca.

Apakah ada di antara rekan-rekan sekalian yang pernah mendonorkan darahnya? Jika ada, pastinya saat akan mendonorkan darah kita terlebih dahulu ditanya tentang golongan darah yang dimiliki. Bila kita tidak tahu, maka akan dilakukan test untuk memeriksa golongan darah. Apa saja sih golongan darah manusia?

Hampir semua orang tahu golongan darah manusia ada A, B, AB, dan O. Keempat jenis golongan darah ini ditemukan pada tahun 1900 lalu oleh Karl Landdsteiner seorang ilmuwan berkebangsaan Australia. 

Sejak ditemukannya penentuan golongan darah, banyak dilakukan penelitian mengenai golongan darah manusia. Salah satunya dilakukan pada tahun 1927  oleh  Takeji Furukawa, seorang professor asal Jepang. Ia mengungkapkan tentang jenis – jenis kepribadian berdasarkan golongan darah.

Meskipun belum terbukti secara ilmiah, banyak orang berpendapat bahwa kepribadian seseorang yang memiliki golongan darah sama cenderung mirip.

Berikut ini kami berikan daftar sifat dan kepribadian sesuai golongan darahnya :

A.  Golongan Darah O

  1. Mudah bergaul dengan banyak orang

Orang yang memiliki golongan darah tipe O ini adalah orang yang mempunyai jiwa sosial tinggi.
Tipe O lebih suka bergaul dengan banyak orang dibandingkan menyendiri.

2. Ekspresif

Orang dengan tipe darah O ini dikenal sebagai pribadi yang suka mengekspresikan perasaannya, tetapi tidak mau menyebutkan dengan jelas apa yang menjadi keinginannya.

3. Berjiwa sosial tinggi

Beruntung bagi mereka yang punya pasangan/sahabat/kenal dekat dengan orang bergolongan darah O karena punya kepedulian kepada orang-orang terdekatnya, bahkan terkadang O rela meluangkan waktunya untuk menolong atau sekedar mendengarkan cerita dariorang – orang terdekatnya.

4. Mudah canggung dan sungkan

Orang bergolongan darah O selalu banyak pertimbangan jika harus meminta bantuan orang lain.
Ia seringkali merasa takut merepotkan dan mengganggu orang lain bila ia meminta bantuan.

5. Mudah melampiaskan emosi

Orang bergolongan darah O mudah mengekspresikan emosi, terutama bila emosinya sedang memuncak. Meskipun setelah itu, dia akan merasa bersalah sudah melampiaskan emosinya pada orang – orang di dekatnya.

 

B. Golongan Darah A

1. Perfeksionis

Orang yang bergolongan darah A itu orang yang perfeksionis, terutama dalam hal mengerjakan tugas. Ia juga selalu bersungguh-sungguh dalam mengerjakan pekerjaan apapun, baik besar ataupun kecil untuk mendapatkan hasil terbaik. Karena itu,  golongan darah A ini lebih suka mengerjakan tugas atau pekerjaanya sendiri meskipun dia memiliki kelompok/tim untuk mendapatkan hasil yang perfect. Sifat ini  sering kali membuat orang lain salah paham terhadap keinginannya.

2.  Berhati lembut dan sensitif

Orang dengan golongan darah A, memiliki karakter yang halus, lembut dan baik hatinya. Karena itu, mereka cenderung mudah memikirkan dengan serius kata-kata orang lain dan memasukkannya ke hati. Jadi, harus hati-hati jika berbicara dengan orang bergolongan darah A.
3. Pintar mengendalikan emosi

Orang yang bergolongan darah A ini suka menekan perasaan sedih, galau, gugup dan menyimpan semua perasaanya itu sendirian. Dia termasuk orang yang mampu mengendalikan emosi agar tidak meluap dan melukai perasaan orang lain dan menyimpan perasaannya agar tidak terlihat oleh orang lain. Dia juga mudah mengalah atau meminta maaf duluan jika ada permasalahan yang dapat merenggangkan hubungannya dengan orang lain.

4. Pendengar yang baik

Orang dengan golongan darah A memiliki kecenderungan kuat untuk membantu orang lain.
Oleh karena itu, dia ini sangat cocok untuk dijadikan teman sejati karena mereka adalah pendengar yang baik atas masalah yang sedang kamu hadapi.

C.  Golongan Darah B

1. Cinta kebebasan

Orang-orang bergolongan darah B itu merupakan orang yang paling tidak suka diatur. Mereka sering melanggar peraturan dengan alasan tidak sesuai keinginan hatinya. Dalam urusan percintaan pun, tipe B tidak suka jika pasangannya terlalu mengekang mereka.Para pemilik golongan darah tipe B ini membutuhkan ruang gerak yang luas untuk mengekspresikan diri mereka.

2. Ngomongnya ceplas-ceplos

Gaya bicara yang sangat jujur dan tanpa memikirkan perasaan lawan bicaranya ini memang ciri yang paling sering mendatangkan banyak masalah bagi mereka yang bergolongan darah B.  Orang-orang bergolongan darah B ini akan langsung mengutarakan jika ada hal-hal yang menurutnya tidak sesuai.

3. Santai dan simple

Orang bertipe golongan darah B ini mempunyai fase hidup yang santai. Mereka bukan tipikal orang yang menjalani hidup secara tergesa-gesa, serta penuh dengan rencana. Mereka tidak suka memikirkan sesuatu yang masih dalam perencanaan dan lebih suka hanya menjalani sesuatu yang praktis.

4. Lebih suka berpakaian casual
Untuk pakaian sehari-harinya, mereka seringkali terlihat mengenakan kombinasi T-shirt, jeans, dan sneakers. Bahkan, untuk pakaian kerja pun, golongan darah B juga menggunakan pakaian semi-formal yang bernuansa casual.

5. Cuek dan dingin

Orang yang bergolongan darah B ini merupakan tipe orang yang mandiri dan juga individualis. Inilah yang membuat pembawaan mereka terlihat cuek dan dingin.

 

D.  Golongan Darah AB

1. Misterius dan sulit ditebak

Dalam berhubungan dengan orang lain, orang bergolongan darah AB seolah membuat batasan yang tidak boleh dilewati oleh orang lain karena mereka adalah pribadi yang suka menyendiri. Selain itu, para tipe AB juga sangat menjaga privasi. Mereka juga jarang sekali menceritakan masalah mereka kepada siapa pun. Karena itu, mereka juga gak begitu suka mencampuri urusan orang lain. Mereka cenderung lebih senang hidup dalam dunia dan pikirannya sendiri. Apalagi ketika mereka sedang mempunyai masalah, pribadi AB ini akan memendam permasalahanya sendiri.

2. Pribadi yang mengutamakan logika

Dalam berbagai masalah, para tipe AB ini lebih menekankan pada rasionalitas. Berbeda dengan tipe golongan darah A yang mengutamakan perasaan, tipe AB justru sangat mengutamakan logika dalam proses berpikir.

3. Gaya bicaranya singkat, padat, jelas.

Orang bergolongan darah AB sedikit bicara dan banyak mengamati.Ketika sedang mengobrol pun, para tipe AB ini hanya mengutarakan hal-hal yang penting saja. Namun, beda halnya kalau soal memberikan kritik dan nasihat. Golongan darah AB ini disebut-sebut sebagai kritikus yang handal dan juga tegas.Mereka juga mampu berbicara cukup panjang jika sedang memberikan kritik dan nasihat. Kemampuan mereka ini jelas didukung oleh cara berpikir mereka yang menggunakan logika dan daya analisis yang tinggi.

4. Pribadi yang tenang dan tidak suka berkompetisi

Tipe AB memiliki pola pikir yang lebih dewasa dari para golongan darah lain yang seumuran. Kedewasaan dan cara mereka berpikir inilah yang menyebabkan mereka tampak tenang dari luar.
Selain itu, para tipe AB merupakan orang-orang yang tidak suka berkompetisi. Mereka bukanlah tipikal orang yang mengejar kemenangan.

 

Demikianlah  sedikit ulasan tentang hubungan golongan darah dengan kepribadian seseorang. Sama seperti meramal nasib dengan horoskop, hal ini tidak bisa dijadikan acuan 100% karena setiap orang pasti memiliki keunikan pribadi masing-masing.

author
No Response

Leave a reply "Sifat dan Kepribadian Berdasarkan Golongan Darah"