Penggolongan Sumber Daya Alam

Sumber daya alam (SDA) adalah segala sesuatu yang ada di alam dan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Kebutuhan manusia sangat bervariasi, seperti makanan, pakaian, rumah. alat elektronik dan liburan. Hal ini membuat manusia sangat bergantung pada alam.

Berdasarkan ketersediaannya, sumber daya alam dibagi menjadi dua jenis, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui

sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang dapat dihasilkan kembali melalui kegiatan pelestarian. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui dibagi menjadi dua, yaitu sebagai berikut;

  • Sumber daya alam Hayati, yaitu sumber daya alam berupa makhluk hidup. contohnya hewan  dan tumbuhan. Usaha pelestarian yang dapat dilakukan misalnya melakukan sistem tebang pilih, reboisasi (penanaman kembali), membuat penangkaran, hutan lindung, cagar alam, dan suaka margasatwa. Ciri sumber daya alam hayati antara lain dapat tumbuh, bergerak, berkembang biak, bernafas, dan memerlukan makanan.
  • Sumber daya alam non hayati, yaitu sumber daya alam berupa benda tak hidup. contohnya tanah, air, udara, dan sinar matahari. Usaha pelestarian yang dapat dilakukan adalah menghemat penggunaan air, melakukan kegiatan penghijauan, serta tidak membuang limbah ke tanah maupun ke saluran air.

Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbaharui

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang tidak dapat dihasilkan kembali, jika telah habis dimanfaatkan oleh manusia.  Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dibagi menjadi tiga, yaitu sebagai berikut;

  1. Sumber daya alam energi, contohnya minyak bumi, gas alam, dan batu bara
  2. Sumber daya alam mineral logam, contohnya besi, nikel seng, timah, emas, dan perak.
  3. Sumber daya alam mineral non logam, contohnya belerang, batu kapur, granit, asbes, marmer, dan pasir kuarsa

Oleh karena sifatnya yang tidak dapat diperbaharui, kita harus menghemat dalam pemanfaatannya. salah satu contoh sikap menghemat penggunaan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah memanfaatkannya dengan bijaksana.

Walaupun tidak dapat membuatnya kembali, namun manusia dapat mengolah kembali sumber daya alam jenis ini menjadi benda lain yang bermanfaat. Misalnya besi tua dapat diolah menjadi pagar dan kursi.

Batu bara termasuk sumber daya energi karena dapat digunakan sebagai pembangkit listrik. Emas merupakan logam berwarna kuning mengkilap dan banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuat perhiasan. Belerang yang ditambang di kawah gunung dapat dimanfaatkan sebagai bahan korek api, kosmetik dan salep kulit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com