Bagian-Bagian Buah dan Biji

Buah merupakan organ pada tumbuhan berbunga yang merupakan modifikasi lanjutan bakal buah (ovarium). Buah biasanya membungkus dan melindungi biji. Bagian-bagian buah:

Buah pada tumbuhan umumnya dibedakan dalam dua golongan, yaitu:

  • Buah sejati, yaitu buah yang berasal dari bakal buah. Misalnya buah mangga, buah pepaya, buah manggis, dll
  • Buah semu, yaitu buah yang terbentuk bukan dari bakal buah melainkan bagian lain dari bunga, misalnya tangkai bunga. contohnya buah jambu mete.

Biji 

biji adalah bakal tumbuhan baru. Biji dapat terlindung oleh daging buah. Bagian-bagian biji antara lain kulit biji, lembaga dan keping. Lembaga merupakan embrio (bakal) tumbuhan baru yang nantinya  akan berkembang menjadi akar, batang, dan daun. Sedangkan keping biji merupakan cadangan makanan untuk awal pertumbuhan tanaman baru, sebelum akar tumbuh. Kulit biji berfungsi melindungi biji.

berdasarkan letak bijinya, tumbuhan dapat digolongkan menjadi:

  • Tumbuhan berbiji terbuka, bijinya tidak dilindungi daging buah, misalnya buah cemara, pakis haji.
  • Tumbuhan berbiji tertutup, bijinya dilindungi oleh daging buah. Tumbuhan berbiji tertutup berdasarkan jumlah kepingnya, digolongkan menjadi dua, yaitu: a). tumbuhan berbiji tunggal (monokatil), misalnya jagung, padi dll. b). tumbuhan berbiji belah atau memiliki dua keping (dikotil), misalnya; mangga, rambutan, durian dll.

 

 

About Robert Kris 495 Articles
Berkah Dalem

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*