Tokoh-Tokoh Kerjaaan Hindu dan Buddha

Berikut ini adalah tokoh-tokoh kerajaan Hindu dan Buddha :

Raja Mulawarman

Raja Mulawarwan merupakan raja terbesar dari kerajaan Kutai. Ia terkenal sebagai seorang raja yang bijaksana. ia juga penganut agama Hindu yang taat dan gemar bersedekah. Pada masa pemerintahannya, rakyat hidup dengan damai dan sejahtera.

Raja Purnawarman

Raja Purnawarman merupakan raja terbesar dari Kerajaan Tarumanegara. Ia terkenal sebagai seorang raja yang hebat, bijaksana, taat beragama, dan mengutamakan kepentingan rakyat. Ia membangun irigasi untuk lahan pertanian rakyat. Raja purnawarman juga memerintahkan penggalian sungai Gomati untuk mencegah banjir di lahan pertanian dan permukiman rakyat. pada masa pemerintahannya, rakyat hidup dengan aman dan makmur.

Raja Rakai Pikatan

Raja Rakai Pikatan berasal dari DInasti Sanjaya yang beragama Buddha. Namun, ia menikah dengan Pramudya Wardhani dari Dinasti Syailendra yang beragama Hindu. Pernikahan ini menyatukan kembali kedua dinasti sebagai satu kerajaan Mataram Kuno. Simbol persatuan dan kerukunan tersebut adalah pembangunan candi Hindu dan Buddha yaitu Candi Plaosan yang bercorak Buddha dan Candi prambanan yang bercorak hindu.

Raja Jayabaya

Jayabaya menjadi raja yang membawa kerjaan kediri mencapai puncak kejayaannya. Pada masa pemerintahannya, Wilayah kerajaan kediri meliputi sebagian besar pulau jawa dan beberapa daerah di Pulau Sumatra. Jayabaya terkenal dengan kemampuannya meramal masa depan. Ramalannya dikenal dengan nama ” Jangka Jayabaya”. Jangka Jayabaya dipercaya secara turun terumurun sebagai tradisi jawa hingga saat ini.

Raja hayam Wuruk 

Raja hayam Wuruk merupakan raja terbesar dari Kerajaan Majapahit. Pada masa pemerintahannya, rakyat makmur dan damai. kerajaan Majapahit menjadi pusat perdagangan yang ramai, negara agraris yang maju, dan negara meritim yang kuat. Dibawah kepemimpinannya, Kerajaan Majapahit berhasil memperluas wilayah hingga ke Tumasik (Singapura) dan Semenanjung melayu.

Patih Gajah Mada

Patih Gajah mada merupakan panglima perang dari Kerajaan Majapahit. Ia bertekad mempersatukan Nusantar di bawah kekuasaan Kerajaan Majapahit. ia memiliki sikap berani dan rela berkorban demi kepentingan negara.

Demikian penjelasan tentang beberapa tokoh kerajaan Hindu Buddha yang ada diIndonesia, semoga informais ini bermanfaat.

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*