Mencermati Kosakata tentang Perubahan Cuaca dan Pengaruhnya terhadap Kehidupan Manusia

Membaca adalah salah satu cara kita dalam memperkaya kosakata. Semakin banyak kosakata yang kalian kuasai, semakin banyak pula pengetahuan yang kalian miliki dan kemampuanmu dalam berbahasa meningkat.

Silahkan baca paragraph berikut!

Hari ini, cuaca tampak cerah. Matahari memancarkan sinarnya dengan terang. Bayu dan teman-teman berangkat ke sekolah bersama-sama. Mereka berjalan kaki menuju sekolah. Cuaca cerah membuat mereka semakin bersemangat pergi ke sekolah. Mereka bernyayi dan tertawa riang. Mereka tidak sabar bertemu dengan guru dan teman-teman lainnya untuk menuntut ilmu bersama-sama.

Coba temukan kosakata baru pada paragraph diatas kemudian cari artinya di Kamus Besar Bahasa Indonesia!

Latihan!

Cermati kosakata –kosakata berikut dan hubungkan dengan maknanya!

Mencermati Kosakata dalam Cerita!

Bacalah cerita dibawah ini

Cuaca yang Panas

Bayu dan Edo pulang sekolah bersama. Mereka pulang dengan berjalan kaki karena sekolah mereka tidak terlalu jauh dari rumah mereka. Ternyata cuaca saat itu sedang panas sekali. Cahaya matari menyinari bumi bagai tanpa penghalang. Hal ini membuat tubuh Bayu dan Edo bercucuran keringat.

Teriknya matahari membuat Bayu mengajak Edo untuk beristirahat sejenak. Merekapun duduk dihalte yang mereka lewati. Bayu mengeluarkan buku tulis miliknya. Buku tulis itu ia jadikan kipas agar dapat menghasilkan angina.

Di seberang halte mereka duduk, terdapat sebuah warung. Edo memiliki ide untuk membeli es krim. Menurut Edo, es krim yang dingin dapat membantu menurunkan suhu tubuh mereka pada saat cuaca terik seperti ini.

Bayu setuju dengan ide Edo. Mereka pun memutuskan untuk membeli es krim. Setelah itu, mereka makan sambal kembali melanjutkan perjalanan menuju rumah masing-masing.

Berdasarkan Bacaan diatas kita dapat menghubungkan Pasangan kosakata ini menggunakan garis kata-kata di sebelah kiri dengan kata-kata yang tepat di sebelah kanan.

Buatlah Kalimat menggunakan Kata-kata

  1. Cahaya
  2. Es Krim
  3. Cuaca

Demikian materi Bahasa Indonesia untuk kali ini, Ssilahkan kerjakan dengan Teliti!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*