Halogen dan Gas Mulia

No comment 33 views

A. HALOGEN

Halogen  tidak ditemukan di alam dalam  keadaan bebas, karena sangat reaktif. Unsur-unsur halogen terdapat di alam sebagai senyawa garam.  Flourin terdapat dalam flourit (Ca F₂) dan Kriolit (Na₃AlF6). Klorin terdapat dalam air laut sebagai NaCl. Dalam bentuk ion klorida, unsur  Cl  adalah pembentuk garam dan senyawa lain yang tersedia di alam dalam  jumlah yang sangat berlimpah. Bromin terdapat sebagai garam-garam natrium dan magnesium. Bromin  juga diekstrak dari air laut, dengan kandungan hanya sebesar 82 ppm.  Iodin  terdapat di alam dalam bentuk senyawa  iodat dan  iodida dalam  lumut-lumut laut. Terdapat juga dalam bentuk  iodida dari air laut yang terasimilasi dengan  rumput laut, sendawa Chili, tanah  kaya nitrat (dikenal sebagai kalis, yakni  batuan sedimen kalsium  karbonat  yang keras),  air garam dari air laut yang disimpan, dan di dalam air payau dari sumur minyak dan garam. Unsur-unsur halogen di alam dalam keadaan bebas ditemukan dalam bentuk molekul diatomik, yaitu F2, Cl2, Br2, I2, kecuali Astatin yang merupakan unsur radioaktif.

Kegunaan Halogen: Fluorin

  • Polimer CF2CF2digunakan sebagai lapisan anti lengket pada panci teflon.
  • Pasta gigi mengandung senyawa fluorida untuk mencegah kerusakan gigi.
  • Fluorin digunakan sebagai pendingin (refrigeran)

 Kegunaan Halogen: KLORIN

  • Cl2adalah bahan baku pembuatan plastik PVC (CH2CHCl).
  • NaOCl digunakan sebagai pemutih pakaian, antiseptik, dan dalam konsentrasi yang rendah untuk sterilisasi botol bayi.
  • Klorin (Cl2) ditambahkan ke air minum dan kolam renang membentuk senyawa HCl dan HOCl. Keduanya memiliki daya oksidasi tinggi dan dapat membu.nuh bakteri. Cl2(g) + H2O(l) –> HCl(aq) + HOCl(aq)
  • NaClO3digunakan untuk membasmi tanaman liar, klorin untuk pemutih kertas, agen dry-clean dan untk produksi bromin
  • KCl untuk campuran dalam pestisida

Kegunaan Halogen: BROMIN

  • AgBr (dan AgI) sensitif terhadap cahaya dan digunakan dalam film fotografi dan sinar X. Dalam prosesnya, senyawa akan tereduksi menjadi Ag dan halogen dimana Ag akan menghitamkan kertas.
  • Senyawa bromin digunakan pada pestisida, obat-obatan dan dalam pembuatan plastik dan tekstil tahan api.
  • Etilen bromida, C2H4Br2, dicampurkan ke bensin bertimbal untuk mengikat timbal (Pb) agar tidak melekat pada mesin.

Kegunaan Halogen: IODIN

  • Senyawa Iodin (NaI, NaIO3, KI, dan KIO3) juga ditambahkan pada garam dapur untuk mencegah penyakit gondok dan keterbelakangan mental.
  • Iodin digunakan untuk membuat filter polarisasi pada kacamata hitam, untuk mengurangi cahaya yang menyilaukan.
  • Iodin adalah antiseptik yang dilarutkan ke dalam alkohol dan diusapkan pada luka.

 

B. GAS MULIA

Pastinya kita semua pernah melihat balon gas/udara yang terbang bebas dilangit. Tapi tahukah kalian gas apa yang terdapat dalam  balon-balon tersebut sehingga dapat terbang? Helium merupakan zat yang ringan dan tidak mudah terbakar, makanya helium biasa digunakan untuk mengisi balon udara. Helium merupakan salah satu unsur dari gas mulia.

Helium adalah unsur  terbanyak jumlahnya di alam semesta karena Helium merupakan salah satu unsur penyusun bintang. Namun, di udara kering/ bebas, kadar Argon lebih banyak dibanding unsur gas mulia yang lain. Adapun persentase kelimpahannya yaitu :

  • Argon kadarnya 0,93%
  • Neon kadarnya 1,8 x 10-3 %
  • Helium kadarnya 5,2 x 10-4%
  • Krypton kadarnya 1,1 x 10-4 %
  • Xenon kadarnya 8,7 x 10-6 %

Gas mulia merupakan gas yang telah mencapai unsur kesempurnaan dari gas – gas yang telah ada di alam. Gas mulia adalah unsur yang tidak reaktif dan tidak inert. Reaktif disini merupakan gas mulia yang tidak cepat tanggap tapi memerlukan waktu untuk tanggap atau adanya rangsangan sebelumnya. Untuk inert sendiri berarti gas mulia yang tidak kecil efeknya. Dalam arti kata merupakan gas mulia yang memiliki efek sangat besar bagi kehidupan manusia. Gas mulia banyak di manfaatkan oleh manusia untuk melakukan eksperimen yang sebelumnya belum pernah di lakukan. Adapun gas mulia memiliki beberapa jenis diantaranya adalah :

Helium

Helium memiliki sifat yang ringan dan tidak mudah terbakar sehingga gas helium ini memiliki fungsi diantaranya adalah untuk :

  1. Pengisi balon udara

Pernahkah kamu melihat balon udara yang besar yang bisa di naiki oleh manusia diatasnya ? Jika di Indonesia tentu akan sangat jarang ditemui tapi jika di luar negeri pemandangan ini sangat sering di jumpai. Salah satu manfaat   gas helium ini adalah untuk pengisi balon udara, agar bisa terbang tinggi  dan terlihat sangat indah sekali melihat pemandangan sekeliling dari atas balon udara.

  1. Tabung penyelam

Jika kamu hobi diving maka kamu akan menggunakan satu paket alat penyelam termasuk oksigen yang kamu gunakan untuk dapat bernafas di dalam laut. Tahukah kamu isi dari tabung oksigen itu di campur dengan helium sebagian dalam tabung penyelam.

  1. Pendingin

Helium juga berfungsi untuk pendingin karena mempunyai titik uap yang sangat rendah.

 

Neon

neon ini memiliki warna yang bewarna warni dan indah sehingga fungsi dari neon ini adalah untuk mengisi lampu seperti :

  1. Mengisi lampu neon

Sekilas mendengar lampu neon kamu akan merasa tidak asing mendengarnya karena neon merupakan salah satu merk lampu terkenal. Mungkin karena lampu ini berisi gas mulia neonlah maka di sebut juga dengan lampu neon.

  1. Serba guna

Salah satu kelebihan neon lainnya adalah serba guna yang bisa digunakan untuk bermacam – macam kegunaan yaitu untuk indikator tegangan tinggi, sebagai zat pendingin dan mengisi tabung televisi.

  1. Penangkal petir

Gedung – gedung pencakar langit yang tinggi menjulang itu biasanya juga di lengkapi keamanan saat badai datang yaitu penangkal petir. Petir biasanya sering menyambar gedung – gedung tinggi, tapi berkat gas mulia ini penangkal petir dapat menjadi salah satu manfaatnya yang penting dalam bidang pembangunan gedung pencakar langit.

  1. Tanda pada pesawat

Neon juga banyak digunakan sebagai tanda bagi pesawat terbang yang digunakan untuk memberi tanda – tanda yang di perlukan.

Argon

Argon merupakan salah satu unsur yang bersifat paling keras adapun manfaaat dari argon ada dua buah yaitu :

  1. Pengisi bola lampu

Argon banyak digunakan sebagai pengisi bola lampu khusus untuk bola lampu pijar. Jadi saat kamu menggunakan bolalampu pijar maka argon digunakan untuk mengisinya.

  1. Las titanuim dan stainless steel

Salah satu manfaat argon yaitu banyak digunakan untuk las titanium dan stainless steel.

 

Kripton

Unsur gas mulia kripton memiliki manfaat untuk bidang fotografi seperti berikut ini :

  1. Untuk pengisi lampu

Kripton juga banyak di gunakan untuk pengisi lampu dengan tekanan rendah fluoresen. Biasanya tidak hanya kripton yang digunakan argon juga bisa di gunakan untuk prngisi lampu fluoresen.

  1. Untuk lampu kilat

Dalam dunia fotografi kripton juga memiliki manfaat yang di gunakan dalam lampu kilat dengan kecepatan yang tinggi untuk menghasilkan gambar yang jernih dan bagus.

 

Xenon

Adapun manfaat Xenon adalah untuk :

  1. Pembunuh bakteri

Xenon banyak digunakan sebagai lampu pijar untuk membunuh bakteri. Bakteri yang dibunuh biasanya membawa dampak negatif bagi kehidupan tanaman. Jadi penggunaan xenon sangat bermanfaat bagi kehidupan.

  1. Tabung elektron

Manfaat xenon yang lainnya adalah digunakan sebagai bahan pembuatan tabung elektron.

 

Radon

Radon memiliki manfaat di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Terapi kanker

Dalam bidang kesehatan radon banyak digunakan sebagai terapi kanker karena memiliki sifat radioaktif.

  1. Peringatan gempa

Di daerah – daerah yang rawan gempa radon memiliki manfaat untuk sistem peringatan gempa. Cara kerjanya adalah saat gempa terjadi kadar radon akan segera mengalami perubahan sehingga bisa secepatnya di ketahui dari kadar radon yang berubah.

 

author
No Response

Leave a reply "Halogen dan Gas Mulia"