Penyepuhan Logam/ Elektroplating

Proses penyepuhan (elektroplating) merupakan salah satu aplikasi sel elektrolisis yang dapat digunakan untuk melapisi logam dengan logam lainnya. Proses ini banyak dimanfaatkan untuk melindungi logam dari korosi dan memperbaiki penampilan benda. Benda yang akan dilapisi dipasang sebagai katoda dan potongan logam penyepuh dipasang sebagai anoda yang dicelupkan dalam larutan elektrolit dari logam penyepuh dan dihubungkan dengan sumber arus searah, biasanya benda yang disepuh terbuat dari logam yang murah seperti besi lalu disepuh dengan logam yang mahal seperti emas dan perak, sehingga harga produk akhir menjadi jauh lebih mahal.

Contohnya cincin atau gelang yang terbuat dari logam besi dilapisi dengan logam emas atau sendok atau garpu yang terbuat dari logam besi dilapisi dengan logam perak dan lain-lain.  Berikut ini adalah contoh proses penyepuhan (elektroplating) garpu yang terbuat dari besi dilapisi dengan logam perak. Untuk melapisi garpu yang terbuat dari besi dengan perak, maka yang kita perlukan adalah:

Bahan:

1.Garpu yang terbuat dari logam besi

2.Logam perak murni

3.Larutan elektrolit dari logam penyepuh (AgNO3)

Alat :

1.  Kabel

2.  Gelas kimia

3.  Baterai

Garpu yang terbuat dari logam besi dipasang sebagai katoda dan logam perak murni dipasang sebagai anoda, lalu dihubungkan dengan sumber arus (baterai) dengan menggunakan kawat selanjutnya dicelupkan kedalam larutan elektrolit AgNO3. Seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*