Mengenal Operator Matematika di Ms. Excel

No comment 686 views

Salam buat rekan-rekan semua, untuk kali ini kita akan belajar menggunakan Program Microsoft Excel. Nah apakah kalian tahu apa itu Microsoft Excel ?

Microsoft Excel adalah Program Pengolah angka. Program Microsoft Excel lebih fokus digunakan untuk mengolah angka-angka, sedangkan program pengolah kata adalah microsoft Word.

Nah untuk kali ini kita akan belajar mengenai operator matematika, Kalau didunia pendidikan khususnya pelajaran matematika terdapat simbol-simbol untuk pelajaran matematika seperti +,-,:,%,^ dan lain sebagainya. Di Microsoft Excel pun ada simbol tersebut langsung saja kita bahas :

Operator Matematika :

Simbol Matematika           : Microsoft Excel

Penjumlahan              +      :     +

Pengurangan              –      :      –

Perkalian                    X     :       *

Pembagian                  /     :       /

Perpangkatan            2     :       ^

Persen                        %    :       %

 

Nah untuk mengetahui cara penggunaannya langsung saja kita buat sebuah soal :

Dalam Memahami soal ini yang perlu dipahami terlebih dahulu adalah Kolom dan barisnya kolom adalah yang terdapat abjad A,B,C… dst, kemudian baris adalah yang terdapat angka 1,2,3……dst.

Kemudian silahkan lihat soal yang telah dibuat.

Bilangan pertama 40 berada di B3 dan bilangan kedua 100 berada di B4.

Nah untuk menyelesaikan operasi matematika diMs. Excel ini kiat perhatikan digambar untuk setiap operasi matematika harus diawali dengan tanda sama dengan. setealah itu klik angka 40 maka akan muncul B3 lalu tambahkan simbol (+) kemudian klik angka 100 maka akan muncul B4 selanjutnya langsung klik enter maka hasil penjumlahan tersebut akn muncul secara otomatis.

lakukan hal tersebut sama seperti diatas akan tetapi tinggal kita mengganti simbol matematikanya. Maka akan menghasilkan seperti dibawah ini

Demikian pengenalan pengunaan operator Matematika yang digunakan didalam Ms. Excel.

Contoh Penggunaan Operator matematika dengan cara lain silahkan klik disini

author
No Response

Leave a reply "Mengenal Operator Matematika di Ms. Excel"