Mengajikan Informasi dari Hasil Pengamatan Benda-Benda disekitar

Ada berbagai macam benda disekitar kita. Misalnya, Meja, Kursi, lemari, kotak pensil, tas, buku dan botol minum. Benda-benda tersebut memiliki ciri-ciri yang dapat diamati. Berdasarkan ciri-ciri tersebut, benda-benda dapat dikelompokkan berdasarkan bentuk, ukuran dan warna.

Benda disekitar kita memiliki bentuk yang bermacam-macam. benda benda dapat dikelompokkan berdasarkan bentukknya. Misal: ada benda yang berbentuk balok dan bulat. Benda berbentuk balok misalnya kotak pensil, kotak mainan dan lemari. sedangkan benda berbentuk bulat misalnya bola.

Benda-benda disekitar kita juga memiliki ukuran yang bermacam-macam. ada benda yang ukuran besar dan kecil. ada juga benda yang berat dan ringan. kita juga dapat membedakan benda berdasarkan warna. ada benda berwarna merah, biru, hijau, kuning putih dan lainnya.

Mengenal Benda Berdasarkan Jenisnya

Benda dari Kayu

Kayu berasal dari batang pohon yang ditebang. Kayu memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan kayu  adalah memiliki sifat yang keras, kuat, mudah dibentuk dan tahan lama. kekurangan kayu adalah memiliki sifat mudah lapuk. Kayu dimanfaatkan berdasarkan kekurangan dan kelebihannya. sifat kayu yang keras, kuat dan mudah dibentuk serta tahan lama dimanfaatkan untuk membuat perabot rumah. seperti meja, kursi dan lemari yang terbuat dari kayu. kekurangan kayu yang mudah lapuk dapat diatasi  dengan melapisi kayu menggunkan cat. dengan dilapisi cat kayu akan bertahan lebih lama.

Benda dari Kertas

Benda yang terbuat dari kertas contohnya  buku tulis, pembungkus kado, tisu, amplop surat, surat kabar, dan majalah. kertas memiliki sifat mudah menyerap air, tinta, ringan, mudah sobek serta mudah terbakar. Jenis kertasantara lain; kertas karton, kertas HVS, dan kertas koran. kertas karton dapat digunakan sebagai pembungkus benda atau sampul buku. Kertas HVS digunakan untuk membuat buku tulis. kertas karan digunakan untuk surat kabar.

Bahan dasar pembuatan kertas adalah Kayu. potongan-potongan kayu dipanaskan menjadi seperti bubur, biasa disebut Pulp. setelah itu, pulp akan diolah menjadi lembaran-lembaran kertas melalui proses dipabrik pembuatan kertas.

Benda dari Logam

logam diperoleh dengan cara ditambang atau digali dari dala tanah. Logam memiliki sifat keras, kuat, penghantar panas yang baik, tidak menyerap air, dan dapat ditempa. Bahan yang terasuk logam adalah besi, baja, tembaga, aluminium, dan emas. logam biasanya dimanfaatkan untuk membuat tiang bangunan karena sifatnya mudah menghantarkan panas, misalnya aluminium. Aluminium dimanfaatkan untuk membuat panci, wajan dan teko.

Benda dari Kaca

kaca dibuat dari bahan baku pasir kaca atau pasir silika. Kaca memiliki sifat kedap air, tembus cahaya, dan mudah pecah. Kaca digunakan untuk membuat peralatan rumah tangga seperti piring, gelas, dan mangkuk. kaca juga digunakan untuk membuat jendela, pintu dan akuarium.

Benda Dari Karet

Karet terbuat dari lateks, yaitu getah pohon karet. Getah karet diolag menjadi karet yang siap dipakai untuk membuat suatu benda. karet memiliki sifat lentur, kuat, dan tidak menghantarkan panas. karet digunakan untuk membuat alas kaki seperti sandal dan sepatu. karet juga digunakan utnuk membuat ban dan bola.

Benda dari Plastik

Banyak benda dirumah kita yang terbuat dari plastik. Berdasarkan tujuan penggunaannya plastik banyak digunakan untuk membuat peralatan dapur dan kamar mandi contohnya, ember, baskom, gayung, sikat gigi, tempat sabun, talenan, mangkuk, piring dan gelas. Palstik memiliki sifat : kedap air, ringan, murah, tidak mudah pecah dan tahan lama.

Bagaimana cara mengajikan informasi dari hasil pengamatan?

Berikut ini langkah menyajikan informasi berdasarkan hasil pengamatan dalam bentuk teks

  1. menentukan judul teks
  2. Membuat kerangka teks yang terdiri dari Pembukaan, Inti dan penutup.
  3. Membuat kalimat pembuka
  4. Menuliskan informasi penting dari hasil pengamatan
  5. Membuat kalimat Penutup

Pertanyaan:

  1. Carilah arti kata pada Kamus Bahasa Indonesia! Proses, Daur Ulang, Sampah dan logam
  2. Buatlah kalimat dengan menggunkaan kata berikut! Karet dan Kertas
  3. Sebutkan Macam-macam benda berdasarkan jenisnya dan berikan contohnya!

Jika rekan-rekan membutuhkan file power point bisa rekan-rekan download disini

File PTT

author
No Response

Leave a reply "Mengajikan Informasi dari Hasil Pengamatan Benda-Benda disekitar"