RPP Ikatan Kimia (Kelas X SMA) Mode Daring

Fakta menunjukan bahwa, selain gas mulia, hampir semua unsur yang ada di alam terdapat sebagai senyawa, artinya unsur tersebut berikatan dengan unsur yang lain dan tidak berdiri sendiri. Mengapa bisa demikian? Apakah berkaitan dengan susunan elektron valensi?

Unsur golongan gas mulia pada sistem  periodik unsur merupakan  unsur-unsur yang stabil dan tidak reaktif, sehingga di alam di temukan sebagai unsur bebas. Konfigurasi elektron gas mulia yang  tidak reaktif membantu menjelaskan bagaimana atom unsur- unsur yang reaktif berinteraksi satu dengan yang lain. Konfigurasi elektron seperti gas mulia dapat dicapai suatu unsur dengan melakukan serah terima elektron dari  atom unsur satu dengan atom unsur yang lain atau dengan menggunakan elektron secara bersama-sama oleh dua atom atau lebih. (Keenan, 1996:152).

  • Atom yang satu melepaskan elektron, sedangakan atom yang lain menerima elektron (serah terima elektron)
  • Penggunaan bersama pasangan elektron yang berasal dari masing-masing atom yang berikatan
  • Penggunaan bersama pasangan elektron yang berasal dari salah satu atom yang berikatan

Tujuan pembentukan ikatan kimia adalah guna terjadi pencapaian kestabilan suatu unsur.

Kestabilan unsur terjadi apabila suatu unsur mengikuti aturan oktet. Aturan Oktet adalah kecenderungan unsur-unsur untuk menjadikan konfigurasi elektronnnya sama seperti gas mulia. Gas mulia adalah unsur-unsur yang terdapat dalam golongan VIIIA yang memiliki kestabilan yang sangat tinggi dan sebagian ditemukan di alam dalam bentuk monoatomik. unsur-unsur yang terdapat dalam gas mulia yaitu Helium (He), Neon (Ne), Argon(Ar), Kripton(Kr), Xenon (Xe), Radon (Rn). Gas-gas ini pun sangat sedikit kandungannya di bumi. Adapula hal penting yang menyebabkan gas mulia amat stabil yaitu konfigurasi elektronnya.

 

Materi ikatan kimia ini dipelajari di kelas X SMA semester 1. Bapak/ibu guru dapat mengamati contoh rencana pelaksanaan pembelajaran secara daring pada materi ini dengan mengunduh dokumen di bawah ini :

RPP Ikatan Kimia Daring

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*