STOIKIOMETRI SENYAWA

No comment 106 views

Halo sobat tutorial pelajaran.

Kali ini kami akan membagikan materi mengenai stoikiometri, khususnya adalah kadar zat, Rumus Empiris, Rumus Molekul, dan Pereaksi Pembatas. Kita dapat mengetahui komposisi zat terlarut dalam suatu larutan yang dinyatakan dalam persen massa, persen volume, dan bagian per juta (bpj atau ppm).

1. Persen Massa (% m/m).

Dengan satuan massa zat terlarut dan massa larutan yang sama, persen massa (% m/m) menyatakan massa zat terlarut yang terkandung dalam 100 satuan massa larutan.

2. Persen Volume (% v/v)

Dengan satuan volume zat terlarut dan volume larutan yang sama, persen volume (% v/v) menyatakan volume zat terlarut yang terkandung dalam 100 satuan volume larutan.

3. Bagian Per Juta (BPJ) atau part per million (ppm).

Larutan yang sangat encer sering dinyatakan dalam besaran konsentrasi BPJ. Bagian per juta atau BPJ menyatakan massa zat terlarut dalam 1.000.000 satuan massa larutan, dengan satuan massa zat terlarut dan massa larutan yang sama. BPJ setara dengan banyaknya milligram zat terlarut dalam 1 kilogram larutan, atau milligram larutan dalam 1 liter larutan apabila massa jenis larutan sama dengan 1.

Rumus empiris adalah rumus kimia yang menyatakan perbandingan terkecil jumlah atom-atom pembentuk senyawa.

Rumus molekul adalah rumus yang menyatakan jumlah atom-atom dari unsur-unsur yang menyusun satu molekul senyawa. Pereaksi pembatas adalah pereaksi yang jumlahnya terbatas sehingga habis bereaksi terlebih dahulu. Pereaksi yang habis akan membatasi produk yang dihasilkan, sedangkan pereaksi yang berlebih adalah reaktan yang tidak sepenuhnya habis digunakan selama reaksi kimia.

Pereaksi pembatas adalah pereaksi yang jumlahnya terbatas sehingga habis bereaksi terlebih dahulu. Pereaksi yang habis akan membatasi produk yang dihasilkan, sedangkan pereaksi yang berlebih adalah reaktan yang tidak sepenuhnya habis digunakan selama reaksi kimia.

Untuk keterangan lebih lengkap mengenai materi ini, bisa di unduh pada tautan di bawah ini :

Kadar, RE, RM, & Pereaksi Pembatas

author
No Response

Leave a reply "STOIKIOMETRI SENYAWA"