Mengaitkan Fenomena COVID-19 dengan Kimia

Seperti yang kita ketahui, pandemi virus corona yang menyerang dunia pada awal tahun 2020 ini memberikan dampak yang sangat besar dalam kehidupan, terutama dari segi ekonomi. Penularan virus ini yang sangat cepat dan mudah membuat banyak negara akhirnya menerapkan kebijakan lockdown untuk memutus rantai penyebaran. Selain penularan yang cepat, daya tahan virus ini juga cukup lama.

Melansir Cleveland, riset membuktikan virus corona bisa bertahan selama tiga jam hingga tujuh hari, tergantung pada jenis permukaan benda tersebut. Berikut daya tahan virus corona berdasarkan jenis benda:

  1. benda dari kaca bisa bertahan lima hari
  2. benda dari kayu bisa bertahan empat hari
  3. benda dari plastik dan baja tahan karat bisa bertahan tiga hari
  4. benda dari karton bisa bertahan 24 jam
  5. benda dari tembaga bisa bertahan empat jam

Karena itu, bagi masyarakat yang tetap harus beraktivitas di luar rumah sebaiknya menjaga kebersihan diri diantaranya dengan mencuci tangan menggunakan sabun minimal 30 detik. Jika tidak ditemukan tempat cuci tangan, kita juga dapat menjaga kebersihan tangan dengan menggunakan hand sanitizer. Penggunaan hand sanitizer dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme di tangan.

Akan tetapi, saat ini harga hand sanitizer di pasaran mulai mengalami kenaikan seperti halnya masker. Untuk itu, kalian bisa membuat sendiri hand sanitizer dengan membeli beberapa bahan di apotek. Pada artikel di bawah ini akan dijelaskan cara membuat hand sanitizer menurut standar WHO dan aplikasinya dalam materi konsep mol dalam kimia. Kalian dapat mengunduh dokumen pada tautan di bawah ini :

 

Pembuatan Hand Sanitizer Standar WHO

 

 

author
No Response

Leave a reply "Mengaitkan Fenomena COVID-19 dengan Kimia"