Lambang pada Seragam Pramuka

No comment 555 views

Menjelaskan Lambang pada Seragam Pramuka

Pramuka dibagi menjadi beberapa tingkatan yang ditentukan berdasarkan umur, kelompok umur 7 sampai 10 tahun disebut dengan Pramuka Siaga. Kelompok umur 11 sampai 15 tahun disebut pramuka penggalang.

Pada seragam pramuka siaga dan penggalang terdapat lambing yang berbeda. Siswa kelas 3 biasanya termasuk dalam kelompok pramuka siaga. Untuk mengetahui lambang pada pramuka siaga, kita dapat membaca teks dibawah ini, setelah membaca teks, kita dapat mengetahui lambang tersebut dengan cara menjawab pertanyaan.

Tanda Pengenal pakaian Seragam Pramuka Siaga

Pakaian seragam pramuka berbeda-beda sesuai dengan tingkatannya. Ciri pakaian seragam pramuka siaga adalah memiliki lis warna coklat tua pada lengan baju. Seragam pramuka siaga dilengkapi dengan lambang-lambang. Lambang pengenal diri berupa papan nama dikenakan dibaju bagian depan kanan diatas lipatan. Pada tutup kepala, terdapat lambang yang dikenakan dibagian tengah depan dan berwarna hijau. Bentuk tanda topi untuk pramuka putra dan putri berbeda, yaitu berbentuk segi empat untuk putra dan lingkaran untuk putri.

 

Lambang lain yang terdapat pada seragam pramuka adalah lambang pelantikan. Warna dasar lambang pelatikan adalah warna coklat. Bentuk  dan tempat pemasangan lambang pelantikan untuk pramuka putra dan putri berbeda. Untuk pramuka putri, lambang pelantikan berbentuk lingkaran dan dipasang pada kerah kiri. Lambang pelantikan pramuka putra berbentuk segi empat dan dipasang didada sebelah kanan.

 

 

Latihan!

  1. Apakah ciri seragam Pramuka Siaga? Jelaskan!
  2. Tuliskan 3 informasi mengenai lambang pengenal pada pakaian seragam pramuka siaga yang terdapat pada teks!
author
No Response

Leave a reply "Lambang pada Seragam Pramuka"