POSTER

No comment 407 views
POSTER,5 / 5 ( 1votes )

Halo rekan-rekan semua, ketemu lagi dengan tutorialpelajaran.com, kali ini kami akan membagikan informasi tentang poster.

Pasti rekan-rekan semua sudah tidak asing lagi dengan yang namanya poster, dalam setiap kegiatan sehari-hari tanpa disadari rekan-rekan melihat dan membaca poster yang dipasang dijalan-jalan raya.

Nah untuk lebih jelasnya, sebaiknya kita pelajari terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan poster. sebaiknya langsung saja kita bahas bersama-sama.

Pengertian Poster

Menurut tutorialpelajaran.com, Poster merupakan sebuah informasi yang ditujukan untuk umum yang biasanya dipasang ditempat umum yang bertujuan memberitahukan sesuatu kepada masyarakat, bisa juga berupa ajakan kepada masyarakat untuk melakukan sesuatu.

Tujuan Poster

Seperti yang telah disebutkan pada penjelasan tentang pengertian poster di atas, tujuan utama dibuatnya poster adalah untuk memberikan informasi atau pesan kepada khalayak. Secara lengkap, adapun tujuan poster adalah sebagai berikut:

  1. Untuk menyampaikan informasi atau pesan tertentu kepada masyarakat sehingga masyarakat memiliki pengetahuan mengenai isi dari poster tersebut.
  2. Untuk mendapatkan lebih banyak perhatian dari publik mengenai suatu informasi/ pesan yang ada di poster.
  3. Untuk mempengaruhi publik agar mau mengikuti isi pesan yang ada pada suatu poster.
  4. Untuk mengingatkan kembali suatu pesan atau informasi penting kepada publik.
  5. Untuk mencari perhatian dan simpati dari publik agar mengingat dan perduli dengan isi pesan dalam suatu poster.

Poster Berdasarkan Tujuannya

  1. Poster Propaganda, yaitu poster yang dibuat untuk memberikan motivasi atau semangat kerja kepada masyarakat umum agar melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi kehidupan.
  2. Poster “Dicari”, yaitu poster yang isinya bertujuan untuk mencari orang atau benda yang dibutuhkan. Misalnya, poster Lowongan Kerja, poster Orang Hilang, dan lainnya.
  3. Poster Film, yaitu poster yang isinya mempromosikan suatu film sehingga masyarakat yang melihat poster tersebut tertarik untuk menonton.
  4. Poster Komik, yaitu poster yang isinya mempromosikan dan mempopulerkan komik-komik tertentu kepada masyarakat.
  5. Poster “Cheesecake”, yaitu poster yang isinya bertujuan untuk mencari perhatian publik dengan memuat nama-nama dan gambar orang terkenal.
  6. Poster Riset, yaitu poster yang isinya memberikan informasi dan undangan kegiatan penelitian “riset” kepada masyarakat. Umumnya poster ini ditemukan di kalangan akademik, misalnya sekolah dan kampus.
  7. Poster Kelas, yaitu poster yang isinya memberikan motivasi dan arahan kepada siswa agar giat belajar dan tertib dalam melakukan kegiatan belajar. Jenis poster ini sering ditemukan di kelas-kelas yang ada di sekolah atau kampus.
  8. Poster Kampanye, yaitu poster yang dibuat untuk mendapatkan simpati masyarakat sebanyak mungkin agar memilihnya saat pemilu tiba.
  9. Poster Komersial, yaitu poster yang dibuat untuk memperomosikan suatu barang atau jasa yang dijual oleh suatu perusahaan.
  10. Poster Afirmasi, yaitu poster yang dibuat untuk memberikan dan meningkatkan motivasi kepada publik yang membacanya di mana di dalamnya terdapat kata-kata yang dapat mempengaruhi.

Poster Berdasarkan Isinya

  1. Poster Niaga, yaitu poster yang dibuat sebagai media komunikasi mengenai hal-hal yang berhubungan dengan penawaran barang dan jasa.
  2. Poster Pendidikan, yaitu poster yang dibuat untuk menyampaikan informasi yang isinya memberikan pengarahan atau mendidik masyarakat.
  3. Poster Layanan Masyarakat, yaitu poster yang dibuat untuk menyampaikan informasi mengenai pelayanan kesehatan yang terkait dengan kesejahteraan masyarakat.
  4. Poster Karya Seni, yaitu poster yang bersifat ekspresif dimana pesan di dalamnya dapat diartikan berbeda oleh setiap orang.
  5. Poster Kegiatan, yaitu poster yang dibuat untuk menyampaikan informasi mengenai suatu kegiatan. Misalnya kegiatan gerak jalan, senam bersama, gotong royong, dan lain sebagainya.

Demikian informasi yang kami berikan, semoga dapat membantu rekan-rekan dalam memahami dengan tepat berkenaan dengan poster.

 

 

Sumber : https://www.maxmanroe.com/

author
No Response

Leave a reply "POSTER"